UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SEKOLAH BINAAN SMP KECAMATAN KELAM PERMAI

Ali Rohali

Abstract


Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif“NHT” sebagai alternatif pemecahan masalah rendahnya nilai matematika pada sekolah binaan SMP Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang.Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian tindakan (action research) yang dirancang melalui dua siklus melalui prosedur: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan 4) refleksi dalam tiap-tiap siklus.Setelah dilakukan pembinaan (siklus 1) persentasi ketercapaian hasil belajar sebesar 66,00% dan 70,31%, dengan demikian ada peningkatan persentasi ketercapaian dan ketuntasan sebesar 16,30% dan 18,86%Kemudian dilakukan pembimbingan kedua (siklus 2) diperoleh data komponen perencanaan pembelajaran sebesar 52,25 dengan skor ideal 68, sehingga persentasi ketercapaian sebesar 76,84%. Pelaksanaan pembelajaran sebesar 118,75 dengan skor ideal 140,00, sehingga persentasi ketercapaian sebesar 84,82%. Sedangkan kinerja guru dengan skor 171,00 dan skor ideal sebesar 208,00, sehingga persentasi ketercapaian sebesar 82,21%. Ketercapaian dan ketuntasan hasil belajar matematika mengalami kenaikan, untuk ketercapaian sebesar 66,00 (siklus 1) menjadi 76,25 (siklus 2) terjadi peningkatan sebesar 12,93%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar matematika sebesar 70,31 (siklus 1) menjadi 84,75 (siklus 2) dengan demikian mengalami peningktan sebesar 17,09%.Dari data yang telah didapatkan, bahwa peningkatan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru dengan model “Number Head Together (NHT)” dapat meningkatkan kinerja guru matematika yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Demikian halnya dengan hasil penelitian tindakan supervisi kelas terhadap guru matematika secara individual dengan menerapkan model pembelajaran “Number Head Together (NHT)” dapat meningkatkan kinerja guru, sehingga pelaksanaan pembelajaran makin berkualitas yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas.2005. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim dkk 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Imran. 2000. Pembinaan Guru di Indonesia. Malang:Pustaka Jaya.

Jakarta: Depdiknas.

Nurhadi. 2004. Model Pembelajaran Kooperatif,diunduhhttps://eprints.uns.ac.id/9942/1/74521007200905061.

Krismanto. 2003. Langkah-langkah model pembelajaran NHT, diunduh blogspot.com.

Krismanto. 2003. Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika, Yogyakarta PPG Matematika.

Krismanto (2003:65), Model Pembelajaran Tipe NHT, ridhago.blogspot.com.2013/05.

Lie. 2007. Model Pembelajaran Kooperatif, digilib.unila.ac.id.

Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together. Surabaya: Unesa University Press.

Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. kadding.blogspot.com

Pidarta, Made . 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahayu.2006.Psikologi Perkembangan, Yogyakarta Gajah Mada.

Slamet. 2006. Dinamika Kelompok, Jakarta Bumi Aksara.

Slavin. 1983. Belajar Kooperatif. docplayer.info.30408544

Suhermi. 2004. Pembelajaran Kooperatif Model NHT, digilib.unila.ac.id.

Sutiarso. 2000. Problem Solving: Strategi Efektif Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematik. Himpunan Matematika Indonesia. Bandung, ITB.

Wibowo, D. C. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Proyek Respon Kreatif di Kelas VIII. Jurnal Pekan Vol 1 No 1 Tahun 2016 diunduh tanggal 14 Desember 2017.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.11

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.