MODEL PEMBELAJARAN FAN-N-PICK (FNP) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. Supardi, Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas, edisi revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Agria (2019). Penerapan Model Fan N Pick dan Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri Banyuajuh 2 Kamal. Skripsi Univesitas Negeri Malang.
Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian. Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Kanigara, R. R., Dewi, D. A., Furnamasari, Y.P. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fan N Pick Pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3) 9501-9508.
Nugrahwati, S., Sintawati, M. (2021). Fan-N-Pick: model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan mengurangi kecemasan matematika”. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), Vol. 4(2) 187-196.
Nurdianasari, N., Hanurawan, F., & Soetjipto, B. E. (2017). The Implementation of Quiz-Quiz-Trade and Fan-N-Pick Learning Model to Enhance Social Skills and Cognitive Learning Outcome of Social Studies. International Journal of Humanities and Social Science Invention. ISSN (Online): 2319 – 7722, ISSN (Print): 2319 – 7714.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Radja, P.L., Soetjipto, B.E., & Amirudin Ach. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Talking Chips dan Fan-n-pick dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9) 1196-1201.
Siahaan N, Rusmaliyah. (2019). Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pendidikan Di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Vol 3 Tahun 2019, halaman 962 – 965. Tersedia http://semnasfis.unimed.ac.id
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wati, E.K., Maruti, E. S., & Budiarti, M. (2020). Aspek Kerjasama Dalam Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2) 97-114.
Yulfrida, E. A. (2021). Penerapan Model Fan-N-Pick Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV Di Mi Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3965
Article Metrics
Abstract view : 65 timesPDF - 48 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.