PROBLEMATIKA DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DI KOTA BLITAR

Esti Untari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah dan pemanfaatan media  pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik penentuan objek penelitian dengan random sampling. Sekolah Dasar yang digunakan dalam penelitian meliputi 8 SD Negeri yang ada di Kota Blitar. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan yang menjadi masalah media sekolah dasar di Kota Blitar meliputi belum tersedia media pembelajaran pada kurikulum 2013, tidak tersedia ruang penyimpanan sehingga media rusak, hilang dan tidak terawat, serta  keterbatasan wawasan guru dalam penggunaan media. Pemanfaatan media yang terdapat di sekolah dasar kota Blitar, belum maksimal dikarena ketersediaan media di masing-masing sekolah. Secara umum pemanfaatan media yang dilakukan oleh guru-guru di kota blitar yaitu pemanfaatan media secara masal atau kelompok di depan kelas. Beberapa guru sudah memanfaatkan media lingkungan dan barang bekas dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Analisa Yohana. 2011. Studi Tentang Media Pembelajaran Yang Digunakan Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa DI SMP Negeri 1 Probolinggo. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arsyad, Azhar 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Angkowo, R & Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Hervandha Ris Daniarti Fadlilah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran PKn Berbasis Lectora Inspire Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pendulan Sumbersari Moyudan Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 . Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Kemendikbud.2014. Permendikbud No. 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Mohamad Muspawi dan Maryono. 2014. Kreatifitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran ( Studi Kreatifitas Guru di SD No.67/ VII/ Pulau Aro I Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun ) Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Sanjaya, Wina 2012. Media Komunikasi Pembelajaran Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siswanto. 2016. Pengelolaan Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 3 Boyolali. Tesis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai.2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Wijaya, Cece dan Tabrani Rusydan, 1994, Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.41

Article Metrics

Abstract view : 7616 times
PDF - 4730 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.