IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN USIA SEKOLAH DASAR MELALUI GLOBAL ENTREPRENEURSHIP WEEK (GEW) DI SD PEMBANGUNAN JAYA TANGERANG SELATAN

Najla Priniza Syiddin, Rina Yuliana, M. Taufik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan kewirausahaan melalui program Global Entrepreneurship Week (GEW) di SD Pembangunan Jaya, Tangerang Selatan. Mengingat tingginya tingkat pengangguran di Indonesia, kewirausahaan menjadi salah satu solusi untuk menciptakan lapangan kerja baru. Namun, rendahnya jumlah wirausahawan di Indonesia mengindikasikan perlunya peningkatan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik yang melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan atau verifikasi data. Lalu data diuji keabsahannya dengan teknik uji kredibilitas (credibility), keteralihan (transferbility), ketergantungan (dependability) dan kepastian (conformability). Implementasi pendidikan kewirausahaan di SD Pembangunan Jaya dimulai dengan persiapan dan perencanaan yang matang oleh guru dan tim KKG (Kelompok Kerja Guru), yang dilakukan di awal tahun ajaran baru, serta diikuti oleh pelaksanaan yang meliputi pembelajaran kewirausahaan dengan materi, metode dan tujuan pengajaran yang sudah disepakati dalam perencanaan, pembuatan business planner, pencarian modal usaha, proses produksi, hingga penjualan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan melalui GEW berhasil menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada siswa, seperti kreativitas dalam merancang bisnis, kemampuan komunikasi dalam presentasi dan penjualan produk, serta kerja sama dalam kelompok. Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan, tetapi juga mengembangkan keterampilan penting yang diperlukan untuk menjadi wirausahawan yang kompetitif. Evaluasi yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah bertujuan untuk meningkatkan efektivitas kegiatan ini di masa depan.

References


Asyari, H. F. (2022). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Membentuk Sikap Wirausaha MA Darussalam Puncak Siliragung Banyuwangi Tahun Pembelajaran 2021/2022. Institut Agama Islam Darussalam. (3).

Ali, M. (2019). Agribisnis Dalam Kewirausahaan dan Pemasaran Masyarakat Madura. Jakad Media Publishing. (144).

Maya, S., & Yohana, L. (2018). Urgensitas Pendidikan Kewirausahaan Pada Pendidikan Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Pendidikan Kahuripan, Vol 1, No 2 (42).

Muhson, A. (2015). Implementasi Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol 2, No 3 (63).

Nardawati. (2021). Perencanaan Pendidikan Yang Baik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Era Digital. Literasiolgi, Vol 6(2). (15).

Nofiser, Maursini, P., Rochmawati, T., Handmandho, T. C., & Lesmana, A. (2022). Pengantar Kewirausahaan. Adab. (104).

Pramesti, D., & Kusuma, A. I. (2020a). Implementasi Nilai Kewirausahaan Jenjang Sekolah Dasar Pada Sekolah Mitra STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung di Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 17(1). (2)

Prianto, A., Winardi, Qomariyah, U. N., Anitasari, A., & Saputro, I. (2021). Seri Pendidikan SMK : Tentang Efektivitas Pendidikan dan Kewirausahaan di SMK. Pustaka Ilmu. (61).

Putri, C., & Nawawi, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan Ditanamkan Sejak Usia Sekolah Dasar dalam Perspektif Islam. Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 2(1). (150).

Sarinikmah, Rakib, M., & Nurdin. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan Berbasis Market Day Pada Peserta Didik Pendidikan Dasar. Jurnal Penelitian Multidisiplin, Vol 2(3). (182).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. (246).

Suprato. (2019). Pengaruh Pembuatan Proposal Rencana Bisnis (Business Plan) Terhadap Kemampuan Berwirausaha di SMK Bhakti Husada. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol 5(2). (19).

Tambunan. (2022). Pengaruh Modal Usaha Terhadap Sikap Berwirausaha dan Peran Orang Tua Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Maksipreneur. Vol 12(1). (118)




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4534

Article Metrics

Abstract view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.