PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD

Sutanto Sutanto, Rosmaiyadi Rosmaiyadi, Evinna Cinda Hendriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) untuk membandingkan apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPAS pada kelas yang menggunakan model pembelajaran pricture and picture berbantuan wordwall dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2) untuk mengukur sebarapa besar pengaruh model pembelajaran pricture and picture berbantuan wordwall terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 89 Singkawang, 3) untuk meninjau respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran pricture and picture pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN 89 Singkawang. Penelitian eksperimen yang digunakan pada penelitian ini berbentuk quasi eksprimental. Desain atau perencanaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan posstest-only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 89 Singkawang. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian yaitu total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPAS pada kelas yang menggunakan model pembelajaran pricture and picture berbantuan wordwall dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji mann whitney yakni nilai Zhitung yaitu 7,45, sedangkan nilai Ztabel yaitu 1,96 dengan demikian Zhitung > Ztabel; 2) model pembelajaran pricture and picture berbantuan wordwall berpengaruh besar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 89 Singkawang, hal tersebut ditunjukkan dari hasil perhitungan effect size yaitu 1,89; 3) siswa merespon secara positif model pembelajaran pricture and picture yakni sebesarĀ 65%. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran picture and picture berbantuan wordwall dapat digunakan sebagai model dan media alternatif untuk pembelajaran.

Keywords


model pembelajaran picture and picture; wordwall; hasil belajar IPAS

References


Darmayanti, NWS & Widiani, N. W. (2023). Analisis Permasalahan dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 1 Cempaga. Dharmas Education Journal, 4(2), 903-909.

Hidayat, Isnu. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Diva Press.

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian journal of primary education, 3(1), 20-28.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Qurniawati, Zully., Faradita, Meirza Nanda., Setiawan, Fajar. (2024). Analisis Penerapan Model PembelajaranInkuiripada Mata Pelajaran IPAS di MI Muhammadiyah 3 Gosari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7373-7381.

Sinaga, A. P., Sirait, J., & Marlina, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema IV Subtema I Siswa Kelas VI Di SD Negeri 095557 Sinaksak. Journal Sains Student Research, 2(1), 684-691.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4637

Article Metrics

Abstract view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.