PERAN KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENGATASI LEARNING LOSS DI KELAS 4 SD NEGERI SERANG 3

Fadhiilah Taaj Zerlina, Encep Andriana, Sigit Setiawan

Abstract


Fenomena learning loss terjadi pada masa pra pandemi dan masa pandemi yang mengakibatkan hilangnya pengetahuan dan keterampilan baik secara umum maupun spesifik. Dengan adanya fenomena ini pemerintah mengusulkan membuat kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka yang diharap dapat mengatasi adanya keluhan dan suatu masalah yang terjadi pada kurikulum sebelumnya. Oleh karena itu diperlukan strategi guru agar dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka dan mengatasi adanya learning Loss imi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kurikulum merdeka sebagai upaya guru dalam mengatasi learning loss di kelas IV A SD Negeri Serang 3. Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan subyek penelitian guru kelas IV A. Penelitian ini menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan juga dokumentasi.  Adapun Teknik analisis interaktif dengan tiga langkah yakni pengumpulan data, reduksi data, sera verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas IV A dalam strateginya mendalami mengenai kurikukulum merdeka dengan menggali informasi dan juga menyiapkan perencanaan pembelajaran seperti model,metode dan media pembelajaran yang salah satunya yaitu melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Terdapat hambatan yang terjadi pada saat pandemi dimana adanya terkendala sinyal, kuota atau pulsa, dan juga pembelajaran yang kurang efektif serta kurangnya peran orang tua dalam membantu peserta belajar dirumah. Adanya kurikulum merdeka sangat membantu mengatasi adanya learning loss dimana peserta didik berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, mampu berpikir kritis, serta peserta didik diasah kemampuannya menjadi lebih kreatif dengan adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5.

References


Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Historis. Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-Ilmu Sosial. Vol 7(1): 111-117.Xia, C. (2018). Multimedia Teaching Platform Construction Based on Flash Interaction Technology for Gymnastics. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(5), 224. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i05.8441.

Andriana, E. 2012. Perbedaan peningkatan penguasaan konsep dan kerja ilmiah siswa pada konsep pesawat sederhana melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Tesis. UPI Bandung:tidak diterbitkan.

Andriana, E, dkk. (2020). Pembelajaran Ipa Di Sd Pada Masa Covid 19, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 3 (1), 409-413

Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Elvalulasi Program Kelgiatan P5 Kelarifan Lokal Fasel D Di Selkolah Melnelngah Pelrtama. Eldulkatif: Julrnal Ilmul Pelndidikan, 4(6), 7569– 7577. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Eldulkatif.V4i6.4177. Vaughan, T. (2011). Multimedia Making it work ;8th Edition. New York: McGraw-Hill.

Rokhmawati, dkk. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik). Journal of Basic Education. 2 (1), 1-16

Safitri, R., Andriana, E., & Rokmanah, S. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 9 (5), 2012-2022.

Tarigan, A. L. (2021). Evaluasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Minas. Strategi Pembelajaran Di Masa Pandemi. Retrieved from https://jurnal.uhnp.ac.id/psnuhnp/article/view/129.

Yulita, H. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran E-Learning. Business Management Journal, 10(1).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4757

Article Metrics

Abstract view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.