INOVASI PEMBELAJARAN METAMORFOSIS DENGAN WEB GENIALLY: SOLUSI INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS III SD

Ulfa Laelatul Fitriah, Oktaviani Adhi Suciptaningsih, Siti Mas'ula

Abstract


Pendidikan dasar yang berkualitas menuntut metode pembelajaran yang efektif dan menarik agar siswa mampu memahami konsep-konsep ilmiah yang kompleks, seperti metamorfosis. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan media digital interaktif Web Genially dalam pembelajaran materi metamorfosis pada siswa kelas 3 SD. Dengan desain studi kasus kualitatif, penelitian ini melibatkan 11 siswa sebagai partisipan untuk mengamati dampak Genially terhadap pemahaman dan keterlibatan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil belajar, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Genially secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap tahapan metamorfosis dan mendorong keterlibatan aktif mereka dalam pembelajaran. Media ini juga mampu mengakomodasi berbagai gaya belajar, memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan kontekstual sesuai prinsip Kurikulum Merdeka. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diterapkan bersama Genially memperkuat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan berkolaborasi. Kendala teknis dan keterbatasan penguasaan guru dapat diatasi dengan strategi yang tepat. Secara keseluruhan, penggunaan Genially terbukti efektif sebagai inovasi pembelajaran digital yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar 

Keywords


Metamorphosis, Interactive Digital Media, Web Genially, Problem Based Learning, Learning Innovation

References


Afrizal Purba, M., & Defriyando, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 3(25), 96–101. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3621

Alkayisy, M. I., Najiha, I., & Rahmanudin, I. (2023). Pendidikan Sains dan Teknologi Berbasis Teori Konektivisme dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Dar El Ilmi: Jurnal Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 10(2), 85–102. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/4562/2565

Amanda, D. (2024). Pengaruh video animasi pada materi hak dan kewajiban terhadap kognitif siswa kelas III SDN 3 Banda Aceh. 5(1), 1–15.

Ariani, F., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Metamorfosis Hewan Di Kelas IV SD Pembangunan Tanjung Morawa T.a 2022-2023. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537

Casfian, F., Fadhillah, F., Septiaranny, J. W., Nugraha, M. A., & Fuadin, A. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teori Kontruktivisme Melalui Media E-Learning. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 636–648. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Chastanti, I., Layyinnati, I., Srimulat, F. E., Fiqri, C. I., Syafriyeti, R., Afriani, D. T., Ernawati, E., & Jannah, N. (2017). Inovasi Pembelajarana dan Pendidikan Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Hasnida, S. S., Adrian, R., & Siagian, N. A. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital. In Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (Vol. 1, Issue 1). https://kumparan.com/aan-herdian89/transformasi-pendidikan-di-era-digital-1zG74Ilpzc4/4

Herawati, V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media “Rumah Eksis” di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1341–1349. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2297

Hikmah, F., & Radiansyah. (2023). Implementasi Model PBL Dan Pendekatan TPACK Media Interaktif Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 288–296. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/237%0Ahttps://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/download/237/238

Lauryn, M. S. (2020). Aplikasi Pengenalan Hewan Bermetamorfosis Dengan Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JIKA (Jurnal Informatika), 4(3), 22. https://doi.org/10.31000/jika.v4i3.2758

Nadhif, N. H., & Utama, C. (2023). Potret Miskonsepsi Siswa Kelas IV SDN Kepanjenlor 3 Blitar Pada Materi Siklus Hidup Hewan. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 7–16. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2297

Pebria Dheni Purnasari, & Yosua Damas Sadewo. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10, 10–31. https://pdfs.semanticscholar.org/0a56/29e7a0c1602f5368b5ba7aab6d63c74e8744.pdf

Pratama, M. P., & Hasanah, F. N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA SD. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 311–319. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4454

Silvi, N., & Irfan, F. F. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Genially Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam PPKn Kelas IV SDN 2 Puteran. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(Desember), 2548–6950.

Wahyuningtiyas, K. P., & Bachri, S. (2024). Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 141–149. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p141-149

Zamzami, A. N., & Raharjo. (2024). Penggunaan Platform Genially dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Di SMK Negeri 2 Semarang. 3.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4773

Article Metrics

Abstract view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.