PENGGUNAAN METODE STORYTELLING MELALUI CERITA RAKYAT DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Nurul Aisah Lailatuz Zuhriyah, Ahmad Nurefendi Fradana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode storytelling melalui cerita rakyat dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru kelas dan siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 1 Krian, Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi kegiatan pembelajaran, dan dokumentasi visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode storytelling tidak hanya meningkatkan daya imajinasi siswa, tetapi juga mampu menanamkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, dan hormat kepada orang tua. Storytelling memungkinkan siswa memahami nilai-nilai kehidupan secara kontekstual dan menyenangkan, serta memunculkan keterlibatan emosional dalam proses belajar. Cerita rakyat sebagai bahan ajar juga terbukti memperkuat identitas budaya dan membangun koneksi antara nilai lokal dengan pengalaman pribadi siswa. Meskipun terdapat tantangan seperti perbedaan minat siswa dan keterbatasan cerita yang relevan secara lokal, guru mampu menyikapinya dengan pendekatan kreatif dan adaptif. Dengan demikian, metode storytelling melalui cerita rakyat terbukti efektif sebagai sarana pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar.

Keywords


storytelling, efektivitas, nilai karakter, cerita rakyat, nilai karakter

References


Adwiah, Amalia Rabiatul, Aulia Faraz Tantia, and Intan Asyikin Rantikasari. 2023. ‘Implementation of Storytelling Method with Folktales in Instilling Character Values in Children: A Study at ABA Warungboto Kindergarten’. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 8(1):47–57. doi: 10.14421/jga.2023.81-05.

Agustina, Firda, and Alaika M. Bagus PS Kurniawan. 2019. ‘Penanaman Pendidikan Karakter Dan Metode Story Telling’. Jurnal Penelitian Medan Agama 10(2):256–80.

Andreanty, Vivi Andreanty, Hary Soedarto Harjono, and Priyanto Priyanto. 2024. ‘Pengembangan Media Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa SMA’. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 10(3):2810–23. doi: 10.30605/onoma.v10i3.4016.

Anggrainy, Nur Evira. 2022. ‘Dongeng Dan Perkembangan Moral Anak’. SPECTRUM: Journal of Gender and Children Studies 1(1):38–45. doi: 10.30984/spectrum.v1i1.166.

Annur, Yusri Fajri, Ririn Yuriska, and Shofia Tamara Arditasari. 2021. ‘Pendidikan Karakter Dan Etika Dalam Pendidikan’. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021 333.

Azis, Ahmad Ridhai. 2023. ‘Penanaman Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar Melalui Metode Mendongeng’. Cokroaminoto Journal of Primary Education 6(1):43–54. doi: 10.30605/cjpe.612023.2483.

BUKOTING, SAUDA. 2023. ‘Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar’. Educator : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan 3(2):70–82. doi: 10.51878/educator.v3i2.2389.

Cahya, Aulia Ihza, Dede Supriyanto, and Sofyan Iskandar. 2024. ‘Embedding Character Values in Elementary School : The Key to Future Skills’. Journal of Pedagogi 1(6):116–30. doi: 10.62872/9b04ee54.

Elisabeth Bela, Katharina Woli Namang, and Yeremias Bardi. 2024. ‘Peran Sastra Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Cerita Dongeng’. Jurnal Pustaka Cendekia Pendidikan 2(3):341–47. doi: 10.70292/jpcp.v2i3.100.

Gayatri, Satya, Idun Ariastuti, Rita Rahayu, and Yuhandri Yuhandri. 2023. ‘Instilling Children’s Characters through Storytelling Methods in Preschool Education’. SAWERIGADING 29(2):205–21. doi: 10.26499/sawer.v29i2.1268.

GORCHAKOVA, EVGENIA S. 2024. ‘Features Of The Formation Of Moral Ideas In Primary School Age’. ??????? ?????? (11). doi: 10.25807/22224378_2024_11_108.

Hasil, Jurnal, and Pengabdian Kepada. 2020. ‘Budaya Literasi Anak Melalui Cerita Rakyat Sumatera Utara Di Kampung Nelayan Seberang’. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 5:52–60. doi: 10.30596/jp.v5i1.5756.

Implementasi, Analisis, Metode Storytelling, Kemampuan Berbicara, Siswa Pada, Bahasa Indonesia, D. I. Kelas, I. V Sdn, and I. Kayangan Kabupaten. 2024. ‘Analisis Implementasi Metode Storytelling Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iv Sdn i Kayangan Kabupaten Lombok Utara Tahun Ajaran 2023/2024’. 187–99.

Katni, Katni. 2024. ‘Innovation Strategy Implementation of Character Education for the Young Generation of Indonesia’. Halaqa: Islamic Education Journal 8(1):52–71. doi: 10.21070/halaqa.v8i1.1654.

Kurniawan, Eka Yulayawan, Indriyani Indriyani, and Luthfia Balqis. 2024. ‘Tumbuh Kembang Anak Usia SD Berdasarkan Fisik Dan Mental’. TSAQOFAH 4(5):3626–37. doi: 10.58578/tsaqofah.v4i5.3409.

Kusumaning Ayu, Rr. Fadila, Silvi Puspita Sari, Berliana Yunarti Setiawan, and Fifi Khoirul Fitriyah. 2019. ‘Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Daerah Melalui Cerita Rakyat Digital Pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pengembangan’. Child Education Journal 1(2):65–72. doi: 10.33086/cej.v1i2.1356.

M Teguh Saefuddin1, Tia Norma Wulan2, Savira3 dan Dase Erwin Juansah4, and 4Universitas Sultan Ageung Tirtayasa 1, 2, 3. 2023. ‘1 . ??? ??? .???? ???? ??????? ??? ???????? ?? ???? ???? ???? ????? .2 ????? ??????? ???? ???? ???? ??????? ??? 3 ???????? ???????? . ???? ??? ????? ?????? 4 ??????’. Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian 2(6):784–808.

Maharani, Luh Putu Setya, and Ni Wayan Rati. 2022. ‘Dictor Caksanta: Membentuk Karakter Siswa Dengan Dongeng Digital Berbasis Cerita Rakyat Indonesia’. Mimbar Ilmu 27(2):300–310. doi: 10.23887/mi.v27i2.48735.

Maknun, Lu’luil, and Fitri Adelia. 2023. ‘Penerapan Metode Storytelling Dalam Pembelajaran Di Mi/Sd’. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) 3(1):34–41. doi: 10.37081/jipdas.v3i1.1283.

Masri, Andi Sulfana, Agus Nuryatin, Subyantoro Subyantoro, and Mukh Doyin. 2022. ‘Dongeng Sebagai Media Penanaman Keterampilan Abad 21.’ Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. 01–05.

Membentuk, Untuk, Pendidikan Karakter, Siswa Kelas, and I. V Sd. 2022. ‘IRJE : JURNAL ILMU PENDIDIKAN’. 2(2):441–50.

Mentari, Ana, Hermi Yanzi, and Nopiana. 2020. ‘Character Building Since Early Childhood Through Story Telling About Folklore’. in Proceedings of the International Conference on Early Childhood Education and Parenting 2019 (ECEP 2019). Paris, France: Atlantis Press.

Mualif, A. 2022. ‘Pendidikan Karakter Dalam Khazanah Pendidikan’. Journal Education and Chemistry 4(1):29–37.

Muqaddaskhan, Umarova. 2024. ‘Understanding The Development Of Thinking In Children Of Primary School Age’. American Journal Of Social Sciences And Humanity Research 4(3):187–94. doi: 10.37547/ajsshr/Volume04Issue03-25.

Najla, Alisha Putri, Nadia Virdha Izzati, Desi Oktaviani, and Arita Marini. 2022. ‘Digital Storytelling Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sd Pada Kurikulum “Merdeka Belajar”’. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 2(2):413–24.

Ningrum, Anggita Putri, Punaji Setyosari, and Yerry Soepriyanto. 2022. ‘Pengembangan Storytelling Untuk Pengenalan Pemrograman Sederhana Dengan Pendekatan Object Oriented Programming Di Sekolah Dasar’. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 5(2):172–79. doi: 10.17977/um038v5i22022p172.

Prastya, Candra, Ida Bagus Putrayasa, and I Nyoman Sudiana. 2021. ‘Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar’. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra 8(2):68–77. doi: 10.21067/jibs.v8i2.6259.

Puspita Sari, Vany Diah. 2022. ‘Analisis Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Storytelling Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan 5(2):88–98. doi: 10.24176/jino.v5i2.7718.

Putri, Azmi Sekar, Fatimah Azzahra, Hilda Rahmah, and Lusi Tri Anggraeni. 2023. ‘Relevansi Moral Dan Karakter Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Aspek Kehidupan Sosial’. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 23(3):2681. doi: 10.33087/jiubj.v23i3.4233.

Ramdhani, Sandy, Nur Adiyah Yuliastri, Siti Diana Sari, and Siti Hasriah. 2019. ‘Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling Dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak Pada Anak Usia Dini’. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):153. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.108.

Rusiyono, Ruwet, and An-Nisa Apriani. 2020. ‘Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Pada Siswa SD’. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 11(1):11. doi: 10.21927/literasi.2020.11(1).11-19.

Sari, Indah Perdana, Intan Kurniasari Suwandi, and Susi Setyowati. 2018. ‘Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas Iii Sd Pujokusuman Yogyakarta’. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 2(2):231–38. doi: 10.30738/tc.v2i2.3078.

Stevia Zahra Rasyid Khoto, Nurhayati, and Irena Pramita Pramono. 2024. ‘Pengaruh Pembiayaan UMKM Terhadap Profitabilitas Pada Bank Syariah Dengan Kredit Bermasalah Sebagai Variabel Intervening’. Jurnal Riset Akuntansi 9–14. doi: 10.29313/jra.v4i1.3795.

Takiling, Wahid. 2023. ‘Character Education In Primary Schools(Literature Review Study)’. Teaching English as a Foreign Language Overseas Journal 11(3):165–72. doi: 10.47178/hrmhch92.

Ulfah, S.Pd, M.Pd, St. Maria, Asdar Asdar, and Nurdiyah Nurdiyah. 2023. ‘Penggunaan Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak’. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(5):5351–58. doi: 10.31004/obsesi.v7i5.3737.

Uswatun Khasanah, Irfai Fathurohman, and Deka Setiawan. 2022. ‘Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri’. Jurnal Educatio FKIP UNMA 8(1):60–64. doi: 10.31949/educatio.v8i1.1611.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4785

Article Metrics

Abstract view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.