MENCIPTAKAN SEKOLAH RAMAH ANAK

Kardius Richi Yosada, Agusta Kurniati

Abstract


Sekolah ramah anak adalah satuan pendidikan formal, nonformal, dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan, dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan. Sekolah ramah anak bukan membuat bangunan baru melainkan membangun paradigm baru dalam mendidik dan mengajar peserta didik untuk menciptakan generasi baru yang tangguh tanpa kekerasan, menumbugkan kepekaan orang dewasa pada satuan pendidikan untuk memenuhi hak dan melindungi peserta didik. Dalam usaha mewujudkan Sekolah Ramah Anak perlu didukung oleh berbagai pihak antara lain keluarga dan masyarakat yang sebenarnya merupakan pusat pendidikan terdekat anak. Lingkungan yang mendukung, melindungi memberi rasa aman dan nyaman bagi anak akan sangat membantu proses mencari jati diri. Kebiasaan anak memiliki kecenderungan meniru, mencoba dan mencari pengakuan akan eksistensinya pada lingkungan tempat mereka tinggal. Lingkungan keluarga sebagai pendidikan yang pertama dan utama bagi anak sehingga keluarga berperan sebagai proteksi ekonomi, sekaligus memberi ruang berekpresi dan berkreasi. Sementara Lingkungan Sekolah berperan melayani kebutuhan anak didik khususnya yang termargin dalam pendidikan peduli keadaan anak sebelum dan sesudah belajar, peduli kesehatan, gizi, dan membantu belajar hidup sehat, menghargai hak-hak anak dan kesetaraan gender, sebagai motivator, fasilitator sekaligus sahabat bagi anak. Begitupun dengan peran Lingkungan Masyarakat sebagai Sebagai komunitas dan tempat pendidikan setelah keluarga, Menjalin kerjasama dengan sekolah. sebagai penerima output sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunkan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan informasi berupa  catatan dan data deskriptif yang terdapat di dalam teks yang diteliti. Dalam upaya mewujudkan sekolah Ramah Anak terlebih khusus dijenjang Sekolah Dasar ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan. Komponen sekolah ramah anak meliputi: Pertama, Kebijakan SRA; Kedua, Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak; Ketiga, Pelaksanaan proses belajar yang ramah anak  adanya penerapan disiplin tanpa kekerasan; Keempat, Sarana dan prasarana yang ramah anak tidak membahayakan anak, dan mencegah anak agar tidak celaka; Kelima, Partisipasi anak: Partisipasi anak meliputi: mengkomunikasikan program sekolah dengan melibatkan anak.

 

Kata kunci: Sekolah Ramah Anak (SRA)


Full Text:

PDF

References


Abd. Rahman Assegaf. (2004). Pendidikan Tanpa Kekerasan, Tipologi, Kasus dan Konsep.Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ariefa Efianingrum. (2009). Kultur Sekolah yang Kondusif terhadap Perlindungan Anak.Yogyakarta: Laporan Penelitian Pendidikan FIP UNY.

Arikunto Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

http://visiuniversal.blogspot.co.id/2015/09/mengenal-dan-mengembangkan-sekolah.html

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Draf Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Miles, Mattew B dan Hubermen, Michael. (1992). Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Baru, Terjemahan Tjetjep Rohendy (2007), Jakarta: UI Press.

Nawawi Hadari. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta; Gadjah Mada University Press.

Pradipto, Y. Dedy. (2007). Belajar Sejati Vs Kurikulum Nasional. Yogyakarta: Kanisius.

Risieri Frondizi. (2001). Pengantar Filsafat Nilai. Yogyakarta: Pusta Belajar

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Yuliasih Karlina D. S, (2008). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SD Putren Pleret Bantul. Yogyakarta: Jurnal Penelitian Pendidikan FIP UNY.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480

Article Metrics

Abstract view : 3349 times
PDF - 1669 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.