ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PROGRAM GEMBIRA DONG DI SDN 94 SINGKAWANG

Lusiana Lusiana, Andika Kusuma Wijaya, Wahyuni Oktavia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterampilan berbicara siswa pada
program gembira dong di SDN 94 Singkawang. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui tes yang diberikan kepada perwakilan siswa yang berjumlah 28 orang, kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 94 Singkawang pada masing-masing aspek menunjukkan hasil yang tergolong baik. Aspek pelafalan memperoleh persentase sebesar 66%, intonasi 65%, kelancaran 67%, kebahasaan dan isi pembicaraan 79%, serta aspek ekspresi sebesar 66%. Rata-rata keseluruhan dari lima aspek tersebut mencapai 69%, yang dikategorikan dalam tingkat keterampilan berbicara yang baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa SDN 94 Singkawang tergolong baik.

Keywords


Keterampilan Berbicara Siswa; Program Gembira Dong

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Andini, S. N., Sulianto, J., & Mudzanatun. (2023). Analisis Keterampilan Berbahasa Ekspresif Pada Kegiatan Literasi Dengan Pendekatan Whole Language Pada Peserta Didik Kelas 4 Sd N Sendangguwo 02 Semarang Semester Genap 2022/2023. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09, 6684–6696.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Astuti, A. W., & Purnomo, H. (2023). Budaya Litersi Baca Dan Tulis Siswa Di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Holistika, 7(2), 101. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.101-112

Aufa, F. N., Purbasari, I., & Widianto, E. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5060

Azmi, M., & Puspita, M. (2019). Metode Storytelling Sebagai Solusi Pembelajaran Maharah Kalam di PKPBA UIN Malang. Inovasi Media Pembelajaran Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 69–86.

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.

Dalimunthe, F. A., Audina, F., Utami, W., & Adelia, T. (2024). Pengaruh Storytelling Konten terhadap Pemahaman Riset Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1338–1345.

Datu, A, Y. (2024). Buku Ajar Public Speaking. In A. Putri Hawarti (Ed.), PT Media Penerbit Indonesia. PT Media Penerbit Indonesia. https://doi.org/https://mediapenerbitindonesia.com

Dr. Fattah Nasution, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. In D. M. Albina, Zulfa, & Nita (Eds.), CV. Harfa Creative (1st ed.). CV. Harfa Creative.

Ekaningtyas, D. P. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama. Paedagogie, 13(2), 71–76. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i2.2368

Fadillah, I. N., & Dini, K. (2021). Digital Storytelling Sebagai Strategi Baru Meningkatkan Minat Literasi Generasi Muda. Journal of Education Science, 7(2), 81–98. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/1566

Hartati, T., & Mulyasari, E. (2021). Praktik Story Telling, Permainan & Lagu Anak-Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Abmas, 15(1), 74–82. https://doi.org/10.17509/abmas.v15i1.38818

Hidayat, david budi. (2019). Efektivitas Metode Mendongeng (Storytelling) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Keterampilan Membaca Siswa (Sebuah Studi Kasus di SDN 55 Bengkulu Selatan). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 2, 36–44. https://doi.org/10.33369/kapedas.v1i1.21067

Hilaliyah, T. (2017). Tes Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal Membaca Bahasa & Sastra Indonesia, 2.

Khairoes, D. (2019). Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220

Kurniawan, D., Agustina, E. S., & Rusminto, N. E. (2018). Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Margamulya Lampung Selatan. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran), November, 1–8. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/download/17137/12222

Mardiah, Napratilora, N., & Nurhaqia, S. (2023). Mendongeng Melalui Jenis-Jenis Dongeng Untuk Anak Usia Dini. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259

Margareth, H. (2017). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. 32.

Marlina, T., & Khoiriyah, Z. (2022). Peran guru pada pembelajaran literasi di sekolah dasar untuk merealisasikan program merdeka belajar. Bina Gogik, 9(2), 160–166.

Marzuqi, I. (2019). Keterampilan berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (cetakan ke). CV Istana.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sdn S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199–207.

Puspita Sari, V. D. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Storytelling Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 88–98. https://doi.org/10.24176/jino.v5i2.7718

Rachmawaty Maya. (2022). SEMUA BISA JADI MC, ASAL TAHU CARANYA! (R. Salam & M. Taufik (eds.)). PT Nas Media Pustaka.

Rambe, A. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Saliya, I. I., Kuntarto, E., Noviyanti, S., Kgeguruan, F., Ilmu, D., Jambi, U., & Indonesia, B. (2023). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Pada Muatan. 8(2), 330–337.

Shintike Lau, N. A., Agus Setiawan, D., & Kartika Werdiningtiyas, R. (2019). Literasi Verbal Siswa pada Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas III di SDN Kebonsari 4 Malang. Seminar Nasioanal PGSD UNIKAMA, 3(November), 197–210. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/download/17137/12222

Simarmata, Y. M., & Qoriyanti. (2017). Keterampilan Berbicara Menjadi Sebuah Profesi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(1), 1–9.

Suarsih, C. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show and Tell Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II di SD Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(1).

Supriyana, A. (2022). Hakikat Berbicara. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran.

Zahrah, F. A., Robandi, B., & Heryano, D. (2019). Penerapan Storytelling Berbantuan Puppet Show Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4, 134–142.

Motivasi Mahasiswa Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran E-Learning. Business Management Journal, 10(1).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4806

Article Metrics

Abstract view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.