PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA SMART BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA DI KELAS V SDN 10 SINGKAWANG

Feby Putri Utami, Emi Sulistri, Andika Kusuma Wijaya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik berbantuan media smart box terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V materi Harmoni dalam Ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SDN 10 Singkawang. Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN 10 Singkawang menggunakan teknik pengambilan sampel berupa sampel jenuh (total sampling). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Adanya perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dianalisis menggunakan uji t dengan thitung > ttabel yaitu 2,6909 > 2,0105; (2) Pendekatan pembelajaran saintifik berbantuan media smart box memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa sebesar 0,71 (kriteria sedang). Sehingga dapat disimpulkan pendekatan pembelajaran saintifik berbantuan media smart box memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 10 Singkawang.


Keywords


Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Media Smart Box, Hasil Belajar

References


Aresti, P., dkk. 2023. Implementasi Media Pembelajaran Kotak Pintar. Vol.4, No.5, 9758-9762.

Fittria. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di MIN Lambaro Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Hartono. 2019. Metodologi Penulisan. Pekanbaru: Zanafah Publishing.

Maulidiana, dkk. 2024. Pengembangan Media Smart box Pada Pembelajaran Tumbuhan dan Energi Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Curahgrinting 1 Probolinggi. INNOVATE: Journal Of Social Science Research, Vol.4, No.2, 1664-1675.

Rojannah, dkk. 2023. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Pendekatan Saintifik Peserta Didik Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7, No.3, 26769-26775.

Suhaimi, dkk. 2022. Analisis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol.8, No.1, 92-97.

Sugiyono. 2018. Metode Penulisan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Zahra, J.O.V., dkk. 2024. Penerapan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktita: Jurnal Kependidikan, Vol.13, No. 1, 545-554.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4820

Article Metrics

Abstract view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.