PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Delva Damayanti, Rika Wahyuni, Rosmaiyadi Rosmaiyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi pecahan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media wordwall dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung, 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media wordwall pada siswa kelas V SDN 1 Singkawang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability dengan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes esai kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi pecahan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media wordwall dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukan dari hasil uji independent sample t test dengan hasil t-hitung > t-tabel sebesar 7,92006 > 2,0085. 2) Respon positif siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media wordwall pada siswa kelas V SDN 1 Singkawang. Hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan persentase respon siswa sebesar 85,19% termasuk dalam kategori sangat baik.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Media Wordwall, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis


References


Hardini, I., & Puspitasari, D. (2016). Strategi pembelajaran terpadu. Yogyakarta: Familia.

Permendikbud. (2016). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1-14.

Nisa, K. A., Prameisthi, D. K., Solikhah, H. N., Amaruddin, W., & Amaliyah, F. (2023). Pengaruh Model Make a Match Berbantuan Media Papan Perkalian Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Jurnal PGSD Musi, 6(1), 26–38.

Nurohms, dkk. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1)ISNN 2598-9669.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wahidah, N. (2021). Increasing the Learning Motivation of Class V Students Using the Make a Match Type Cooperative Model. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs), 4(5), 708–711

Lestari, E. K., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4848

Article Metrics

Abstract view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.