PENGEMBANGAN MEDIA UBATU BERBANTUAN ETNOSAINS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yenik Ulfiyatut Tahliya, Shofi Nur Amalia, Mohamad Fatih

Abstract


This study aims to develop UBATU media using Ethnoscience with the Problem Based Learning model to find out students' efforts to regulate themselves in activities by including metacognition, motivation and active behavior in accordance with educational developments, The model used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. The results showed that the average material expert validation value was 94.6% with a valid category and the media expert validation value obtained an average value of 91.94% with a very valid category and product feasibility obtained an average value of 97.60% with a very feasible category and the results of the student pre questionnaire evaluation obtained were 660 and the number of student post questionnaires was 928. Based on this acquisition, the n-gain score obtained was 0.71, including in the high category of student self-control during the learning process. In conclusion, the UBATU media developed is valid for use in the learning process and can improve the self-regulation of grade IV elementary school students.

Keywords


UBATU, Etnosains, self regulated

References


Aransyah, A. 2023. Pengembangan modul bahan ajar berbasis Problem Based Learning berbantu media qr-code untuk meningkatkan hasil belajar PKN (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).

Aulia Winda. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Materi Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. No 1. Vol 11

Benny A. Pribadi, Desain dan pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE (Jakarta : Prenada Media Group, Cet 2, 2016) h. 23.24 Ibid, h.25

Clarita Sembiring Eria. Bagian - Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya. Modul Bahan Ajar Kelas Iv Sd Negeri 040467 Lingga. Universitas Quality Berastagi.

Demaine, E. D., Demaine, M. L., Harvey, N. J., Uehara, R., Uno, T., & Uno, Y. (2014). UNO is hard, even for a single player. Theoretical Computer Science, 521, 51-61.

Ekawati, D. 2024. Pengembangan media pembelajaran kartu uno pada materi sumber daya alam untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas V di MI Al Hasib Pakis Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Estiani, W., Widiyatmoko, A., & Sarwi, S. 2015. Pengembangan Media Permainan Kartu Uno Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa Kelas VIII Tema Optik. Unnes Science Education Journal, 4(1).

Fatih, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Saintifik berbasis Multimedia melalui Model Discovery Learning (Studi pada Tema Selamatkan Mahkluk Hidup Kelas 6 SDN Kepanjenkidul 2 Kota Blitar). Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 2(2), 137–149

Fatih, M., 2020. Pengembangan Bahan Ajar Puzzle pada Matematika Berbasis Realistik Materi KPK dan FPB (Studi pada Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar). Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(2)

Fatih, M., Alfi, C., Santoso, E., & Novianti, R. D. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Pembelajaran PKN Siswa Kelas V SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Pendidikan: Riset dan Konseptual, 6 (1), 112.

Fatih, M. and Alfi, C., 2021. Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 5(1), p.51.

Fatih, M. 2023. Pengembangan Media Rotasi (Roda Putar Literasi) Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Collaborations Skill Siswa Kelas Iii Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5738-5750.

Febrianti, R.E., Alfi, C. and Fatih, M., 2023. Pengembangan game edukatif berbasis web wordwall untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV UPT SDN Kedawung 03 Kabupaten Blitar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), pp.4734-4745.

Gumilar, G., Hidayati, F. R. N., Mindaryani, Y., Desstya, A., & Hidayati, Y. M. 2024. Pembelajaran Ipa Berbasis Etnosains Pada Materi Struktur Tumbuhan Dan Fungsinya Di Sekolah Dasar. Eduproxima (Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa), 6(2), 476-484.

Hotimah, H. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3).

Indrawati, M. 2017. Keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnosains pada Materi Bioteknologi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX. PENSA: eJurnal Pendidikan Sains, 5(02).

Kusuma, D. A. 2020. Dampak penerapan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar (self-regulated learning) mahasiswa pada mata kuliah geometri selama pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi. Teorema: Teori dan Riset Matematika 5 (2), 169-175, 2020.

Khofifah, N.N., Alfi, C. and Fatih, M., 2023. Pengembangan Scrapbook Berbasis PJBL Materi Kekayaan Budaya Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), pp.4309-4323.

Marwah, A. S. dkk. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(1).

Nawang Wulandari, Pengembangan Buku Saku Intensifikasi Bahasa Arab Di IAIN Metro Dengan Model ADDIE,? Al-Fathin 1 (2018);167-168.

Nelmi, F., & Amini, R. 2023. Bahan Ajar Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1140-1253. DOI:

Parmin 2017. Ethnosains (Semarang: Swadaya Manunggal)

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75.

Rahmawati, P. 2019. Pengembangan Picture Storybook Masa Penjajahan Portugis di Indonesia guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Sejarah dan Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Lumbung Pustakan Universitas Negeri Yogyakarta, 15018, 1–23.

Robert Maribe Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach.(London : Springerb Science+Business Media, 2009) h. 2

Rosdianwinata, E., dkk. 2022. Efektifitas Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbantu QR Code Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 58-65.

Sudarmin 2015. Pendidikan Karakter, Etnosains Dan Kearifan Lokal: KONSEP Dan Penerapannya hearts Penelitian Dan Pembelajaran Sains [ Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal: Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian dan Ilmu Pendidikan Karakter Pendidikan: Etnosains dan Kearifan Lokal], and others (ed.) (Semarang: CV. Swadaya Manunggal)

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. (Bandung: ALFABETA).

Wahyu, Y. 2017. Pembelajaran berbasis Etnosains di sekolah dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 1(2), 140-147.

Zimmerman, B. J. 2015. Self regulated learning : theories, measures, and outcomes. In international encyclopedia of the social & behavioral sciences: second edition (second edi, Vol. 21).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4858

Article Metrics

Abstract view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.