PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT BERBASIS PERMAINAN RANKING 1 TERHADAP KEAKTIFAN SISWA
Abstract
Keywords
References
Amri, K., Arinjani, S. M., & Sutriyani, W. (2022). Analisis Penerapan Model TGT (Teams, Games And Tournament) Tehadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i1.708
Ananda, R. H. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep) (ke-1). CV. Pusdikra MJ.
Aprillia. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 1 Turi (Vol. 15, Nomor 1).
Asrofah, T. W. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Materi Teks Berita Kelas XI. 10, 1–9.
Aulia, T. (2022). Meningkatkan Minat dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Game Ranking 1 di SD Negeri 105363 Desa Kesatuan. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 139–145. https://doi.org/10.56114/maslahah.v3i3.440
Ayu Wulandari, C., Rahmaniati, R., & Hikmah Kartini, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.2331
Azizah, N., Nengsih, E. W., Wati, L., Rahimah, & Nastiti, L. R. (2021).
The perspective on monopoly as media in physics learning by using teams games tournament. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012015
Eman Nataliano Busa. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764
Farida Payon, F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 53–60. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397
Haryati. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Permainan Ranking 1 Pada Pembelajaran Matematika. 2(3), xxii–94.
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457
Kholisah, N., Belva Saskia, Novi Suci Dinarti, Levy Rohmatilahi, & Deti Rostika. (2024). Analysis of the Impact of Lack of Classrooms on Students’ Conductivity While Learning. Progres Pendidikan, 5(2), 134–138. https://doi.org/10.29303/prospek.v5i2.408
Khusnudin, R., & Anjarini, T. (2022). Model Pembelajaran Teams Games Turnaments Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 8(4), 1247. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.2577
Matitaputty, J. K., Susanto, N., Fadli, M. R., Ramadhan, I., & Manuputty, C. J. (2023). The Effect of Team Games Tournament (TGT) in Social Science Learning to Improve Student Learning Outcomes. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 10(2), 374. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v10i2.15037
Muharam, A., Mustikaati, W., Fauziah, A., Fadila, I., & Maria, S. (2024). Pengaruh Permainan dalam Pembelajaran IPAS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 SDN Cibungur. Jurnal Sinektik, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8207
Mulyani, Rini. Djumhana, N., & Syaripudin, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38–45.
Murni, N. F. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 5(1), 7–11. https://doi.org/10.20961/seeds.v5i1.56736
Nasir, A. (2023). Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan untuk Meningkatkan Sikap Siswa dalam Belajar. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(01), 136–145. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2789
Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(3), 238–251.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Silaban, W. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia ANGGOTA IKAPI JAWA BARAT.
Ula, N. S. S., & Jamilah, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model TGT. Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 194–204.
Yanti, Y. E., & Yhasmin, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Team Game Tournament) Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Anak Sholeh Full Day. JIPSOS: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 62–68.
Zulfikar, M. L., & Budiana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(2), 86–91. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i2.15080
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4861
Article Metrics
Abstract view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.