KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE, THINK TALK WRITE, DAN TEAMS GAME TOURNAMENT
Abstract
Keywords
References
Anisa, F. N., Turmuzi, M., Triutami, T. W., & Amrullah. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Universitas Mataram
Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553
Arina, J., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK di Ponpes Nurul Huda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 315–324. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1877
Astuti, A., & Leonard. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Formatif, 2(2), 102–110.
Eviliyanida. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Visipena Journal, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36
Faridah, S. J., Hikmah, N., Kurniawan, E., & Azmi, S. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024. PENDAS : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, 09(02), 4.
Hakim, A. K., & Sopiany, H. N. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMAN 2 Klari pada Materi Statistika Menurut Teori Brunner. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 434–443. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1974
Hardiana, L., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament dengan permainan kapal perang terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4195
Hendriana, Heris, & Utari, S. (2014). PENILAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Bandung: PT REFIKA ADITAMA.
Herdyani, K. (2021). Penerapan model pembelajaran think-talk-write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Jimedu: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(4), 1–12.
Hildawati, Suhirman, L., Prisuna, B. F., & Husnita, L. (2024). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jambi: SONPEDIA.COM
Jafar, M. I., & Asriadi, A. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES 3/77 BAJOE 1 KABUPATEN BONE. MACCA: Science-Edu Journal, 2(1), 198-205.
Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Penghantar Statistik Penelitian. Depok: PR Raja Grafindo Persada
Laily, A. N., Indriani, A., & Mayasari, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 27–36. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.4078
Latief, M. A. R. A., & Munir, M. M. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 5(2), 638-647.
Noer, & Sri, H. (2017). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika
Novianti, W., Sinambela, N. M., Bulan, A., & Febrina, A. (2020). Model-Model pembelajaran. Medan: Sada Kurnia Pustaka
Octaviani, T., Anwar, S., & Junaedi, Y. (2024). Pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Komunikasi, 2(11), 877-888.
Purba, F. Y., & Rajagukguk, W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 68–85. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1276
Purwanto, B. E., Jusmalisa, I., Sari, I. P., Jatmiko, A., & Eko, A. (2020). DESIMAL : JURNAL MATEMATIKA. 3(1), 7–16. https://doi.org/10.24042/djm
Rosidi, A., Kesumawati, N., & Misdalina. (2019). Kemampuan Penalaran Statistis Pembalajaran Kooperatif Think Pair Share, Think Talk Write dan Teams Game Tournament. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 71 – 76
Sitohang, R., Suci, Z., & Nasution, Y. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(2), 227. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i2.46938
Situmorang, M. R. M., & Hia, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Swasta Markus Medan. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 63-72.
Tresno, Risma, & Rippi. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1).
Wullandari, P., Jaya, W. S., & Noviyana, H. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAO KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 22 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 3(2), 1-11.
Zain, B. P., & Ahmad, R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3668-3676.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4877
Article Metrics
Abstract view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.