PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BERPAKU (GEOBOARD) KONTEKSTUAL DALAM MENGENAL BANGUN DATAR KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mariah Ulfah, Zerri Rahman Hakim, Sigit Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respons peserta didik terhadap media Papan berpaku pada pembelajaran matermatika kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 5D yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, design, development, implementasi dan evaluation. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, lembar observasi, lembar angket validasi, serta lembar angket respons peserta didik. Hasil dari penelitian pengembangan media papan berpaku (Geoboard) ini memperoleh rata-rata persentase dari ahli Instumen sebesar 92,00% dengan kriteria sangat layak, dari ahli media memperoleh rata-rata persentase sebesar 91,02% dengan kriteria sangat layak, dan dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 88,03% dengan kriteria sangat layak. Dan untuk hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase nilai 95,08% yang termasuk pada kriteria sangat baik. Maka dari itu, penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan berpaku (Geoboard) pada pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar sudah berhasil dikembangkan, layak digunakan untuk proses pembelajaran, serta memperoleh respons yang baik diberikan oleh peserta didik setelah digunakannya media papan berpaku (Geoboard) dalam proses pembelajaran matematika pada materi bangun datar di sekolah dasar kelas IV.

References


Ali Hamzah & Muhlisrarini. (2013). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ardi Yulis (2019), “Pengingkatan hasil belajar siswa sekolah dasar pada pelajaran matematika melalui media papan berpaku”, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol 2 No 1

Arsyad (2009:108) media berbasis visual, Jakarta: Grafindo Persada

Arsyad, 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Daryanto. (2013). kegunaan media pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Djamarah dan Zain (2002:144) media berbasis visual, Jakarta: Rineka Cipta

Hardiasyah (2019:67) Pengertian bangun datar

Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Edisi ke-2. Terjemahan Ibnu Setiawan. Mizan Learning Center (LMC): Bandung.

Khabib (2017) Jenis-jenis bangun datar, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Salatiga

Masitoh dan Habudin (2018:53) Pengembangan media pembelajaran papan berpaku untuk meningkatkan konsep pemahaman bangun datar untuk siswa kelas V MI Nurul Amal Tonjong, Jurnal Ibtida’I Vol 5 No 01, Januari-juni 2018

Muslich, Masnur. 2007. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara: Jakarta.

Rostina Sundayana. (2016). Media Pembelajaran papan berpaku. Bandung: Alfabeta.

Ruseffendi, (1992:178) media papan berpaku, Bandung: Tarsito.

Sugiono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Reseach And Develoent/R&D. Bandung: Alfabeta.

Tri Mulyani (2019), “Pengaruh media papan berpaku dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelasV SDN 118 Pemantang riding kebupaten seluma”, https://scholar.google.co.id/

Yohanes Lagadoni Keraf, “Penggunaan media papan berpaku untuk meningkatkan hasil belajar matematika untuk kelas 3 SDN Sawit”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 8 Tahun ke-6 2017 pgsd, fip, universitas negeri Yogyakarta

Widya Sari Reza, Masniladevi “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV SDN 08 Nan Limo Mudiak” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5 No. 2 Tahun 2021 pgsd, fip, universitas negeri Padang

Tafonao, Talizaro. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2.No2.

Salahudin (2016). Penerapan Media Visual Untuk Siswa Kelas V di SDN Muncul. Jurnal Edukasi dan Sains. Vol.3 No.2. Hal: 237




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4880

Article Metrics

Abstract view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.