PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 07 PAYARAMAN

Safira Amelia, Andi Rahman, Hikmah Lestari

Abstract


Berdasarkan penelitian ini dilatar belakangi bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 07 Payaraman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 07 Payaraman yang berjumlah total 34 siswa.Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV yang diajarkan menggunakan media pembelajaran pop up book lebih baik, Hal tersebut dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas IV yang menggunakan media pop up book yaitu rata-rata nilai 79,41. Pengujian hipotesis data penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan kriteria pengujian yaitu Ha diterima jika thitung > ttabel. Diperoleh dengan nilai yaitu (thitung) 7.524 > (ttabel) 1.692 dan sig. (2-tailed) =0.000 < 0,05 maka dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak atau hipotesis menyatakan bahwa terdapat hasil belajar IPAS kelas IV SDN 07 Payaraman.

References


Afifa, N., & Hanif, M. (2023). Pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 45–53.

Afifa, R., & Hanif, M. (2023). Pemanfaatan media pop-up book dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 56–65.

https://doi.org/10.1234/jpd.v1 4i1.5678

Asrobanni, N., Lestari, H., Rukiyah, S., & Rohmadhawati, D. A. (2024). Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi

Teks Tanggapan Siswa Di Kelas

VII. 3 SMP Negeri 10 Palembang. Journal Sains Student Research, 2(2), 45-54.

Fernando, Y., Ramadhani, I., & Rahayu, N. (2024). Faktor- faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 88–97.

Haqqi, M. A., Alviolita, R., & Huda, M. (2023). Efektivitas penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(1), 27–35.

Haqqi, M. A., Alviolita, S., & Huda, N. (2023). Efektivitas penggunaan media pop-up book dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 10(2),

–120.

https://doi.org/10.21009/jip.v 10i2.7890

Manjorang, D., Malaikosa, F., & Sasoma, A. (2023). Media pop- up book dalam pembelajaran nilai Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 45–53.

Manjorang, S., Malaikosa, J. P., & Sasoma, A. (2023). Pengaruh media pop-up book terhadap pemahaman simbol dan makna sila Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 104–115.

Pristiwanti, E., Nugroho, A., & Wahyuni, S. (2023). Pendidikan sebagai alat transformasi sosial: Perspektif kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 134–142.

https://doi.org/10.1234/jpi.v1 2i2.2345

Rusman. (2020). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru (2nd ed.). Rajawali Pers.

Septiana, D. (2023). Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran IPAS. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 11(1), 60–69.

Septiana, R. (2023). Implementasi pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Terpadu, 11(1), 23–30.

Simbolon, M. T., Saragih, D., & Nababan, J. (2021). Pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 5134–5141.

Simbolon, R., Sihombing, T., & Sinaga, E. (2021). Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pop-up book dan tanpa media pop-up book pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 95–102. Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D

(edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Suryani, A., Hakim, L., & Prasetya, D. (2023). Media pop-up book sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Interaktif, 7(3), 73–80.

Suryani, A., Ningsih, S. R., & Taufik, A. (2023). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 77–85.

https://doi.org/10.21009/jipd. v8i1.2023

Winda, A., Pengestu, A., & Malaikosa,

F. (2022). Media pop-up book dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Kreatifitas Guru, 7(3), 201–210.

Winda, N., Pengestu, A., & Malaikosa,

J. (2022). Pengaruh media pop- up book terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Edukasi Dasar, 10(1), 33–

Wulandari, D., & Desy, R. (2021). Inovasi media pembelajaran berbasis pop-up book untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Media Pembelajaran, 6(2), 55–63.

Wulandari, N., Setiawan, R., & Ramadhani, T. (2023). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Kreatif, 14(1), 22–30.

Wulandari, S., & Desy, M. (2021). Media pop-up book sebagai alat bantu pembelajaran yang menyenangkan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 56–64.

Wulandari, S., Priyatno, H., & Sari, A. D. (2023). Peran media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 34–41.

https://doi.org/10.1234/jipd.v 5i1.6543

Yogi Fernando, A., Hartini, L., & Hidayat, T. (2024). Faktor- faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 15(2), 88–96.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4935

Article Metrics

Abstract view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.