PENGUATAN MINAT MEMBACA MELALUI GERAKAN “KACAKARYA” (KAMI MEMBACA KAMI BERKARYA) KELAS IV DI SDN PADARINCANG 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan dampak Gerakan Kacakarya (Kami Membaca Kami Berkarya) dalam meningkatkan budaya literasi membaca siswa kelas IV di SDN Padarincang 1. Gerakan Kacakarya merupakan program literasi yang dilakukan sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, yaitu dengan membaca selama 10–15 menit secara rutin setiap pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, siswa, serta dokumen pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Kacakarya dirancang secara sistematis dan partisipatif melalui musyawarah sekolah yang melibatkan berbagai pihak. Buku bacaan dipilih berdasarkan tingkat kemampuan siswa dan dikelola melalui sistem peminjaman yang tertib. Selain membaca, siswa juga didorong untuk menulis ringkasan dan menghasilkan karya kreatif, seperti puisi dan dongeng. Kegiatan ini mampu meningkatkan minat baca, pemahaman bacaan, serta rasa percaya diri siswa. Dampak positif lainnya adalah peningkatan frekuensi kunjungan ke perpustakaan, keterlibatan orang tua, serta terciptanya suasana belajar yang lebih kondusif dan inspiratif. Dengan dukungan fasilitas literasi dan peran aktif wali kelas, program Kacakarya terbukti efektif dalam menumbuhkan kebiasaan literasi yang berkelanjutan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi sekolah lain dalam mengembangkan program literasi serupa yang kontekstual dan terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar. Gerakan Kacakarya tidak hanya membentuk karakter pembelajar, tetapi juga mendorong siswa untuk terus berkembang secara akademik dan kreatif.
Keywords
References
Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan. JPII, 2, 65–77.
Anggraini, A. E. (2016). Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(1), 188 189.
Dafit, F. (2017). Pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 87–100.
Djadjuli, D. (2018). Pelaksanaan pengawasan oleh pimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 565 573.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098.
Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 27–48
Marlina, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2).
Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860–869.
Nasution, A. F. (2023). Metode penelitian kualitatif.
Napitupulu, D. S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Lembaga Pendidikan Islam. 9(1), 67–80.
Ramdani, N. G. dkk. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. 2(1), 23–24.
Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.
Saleh, A. R. (2020). JURNAL LITERASIOLOGI NURAIHA Pelaksanaan metode pengajaran variatif Pada pembelajaran Al Quran MAN 1 Tanjung jabung timur Kabupaten tanjab timur. 4(1), 40–50.
Sunarti, S. (2021). Pembelajaran membaca pemahaman di sekolah dasar. Penerbit NEM.
Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan literasi bahasa anak usia dini. Universitas Negeri Padang, 5(1), 2549–8371. https://doi.org/10.29313/ga
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4938
Article Metrics
Abstract view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.