PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Desi Safitri, Eti Sunarsih, Zulfahita Zulfahita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model picture and picture di kelas V SDN 21 Singkawang. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran picture and picture  terhadap hasil belajar IPAS kelas V SDN 21 Singkawang. 3) Mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran picture and picture di kelas V SDN 21 Singkawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Desain dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk one group pre-test-post-test. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu siswa kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t satu sampel untuk mengetahui rata-rata dan selanjutnya menggunakan uji pengaruh atau effect size untuk melihat seberapa besar pengaruh model yang digunakan dan keterlaksanaan model pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture di kelas V SDN 21 Singkawang dengan hasil perhitungan uji t yaitu t-hitung = 5,57765 ? t-tabel = 1,69389. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 21 Singkawang dengan perhitungan uji effect size dengan nilai rata-rata pre-test = 31,88 < rata-rata post-test = 91,25. 3) Keterlaksanaan model pembelajaran picture and picture juga terlaksana dengan baik yang dilihat dari keterlaksanaan 1 diperoleh kriteria baik dan keterlaksanaan 2 termasuk ke dalam kriteria sangat baik.


Keywords


Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar Kognitif.

References


Amanda & Darwis, U. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 105358 Sekip Lubuk Pakam. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi (JISMA), 2(4), 1141-1148.

Astuti, M. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 24 Seluma (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Darmayanti, NWS & Widiani, N. W. (2023). Analisis Permasalahan dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 1 Cempaga. Dharmas Education Journal, 4(2), 903-909.

Ismiyah, K. N. et al. (2024). Kreativitas Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 762-767.

Jaryati, N., Hera, T., & Rizhardi, R. (2022). Pengaruh Metode Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 2146-2153.

Nova, E. V. P. (2018). Pengaruh Penerapan Model Picture and picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD IT At-Taqwa Gumawang Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur (Doctoral dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG).

Purnomo, A. R. (2023). Embedding Sustainable Development Goals to Support Curriculum Merdeka Using Projects in Biotechnology. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 406–433.

Sari, Perwira, Suci, Sazkia Aprilia, Khalifatussadiah. (2020). Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Educational Journal of Elementary School, 1(1), 19-24.

Wajdi, M., & Amir, N. (2021). Improving students' motivation and learning outcomes using Edmodo learning media assisted with meeting room media on the circulation system materials. Jurnal Pendidikan, 2(4), 392–401.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4941

Article Metrics

Abstract view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.