PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SERANG DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian tentang pengembangan media pembelajaran scrapbook berbasis kearifan lokal dilakukan berdasarkan kebutuhan di SD Negeri Curug Kota Serang khususnya pada kelas IV yang membutuhkan pembelajaran yang menarik bagi siswa seperti media perantara untuk memudahkan siswa dalam mempelajari bahasa Jawa Serang pada materi Baguse Sesarengan. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran scrapbook berbasis kearifan lokal, mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran scrapbook berbasis kearifan lokal dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran scrapbook berbasis kearifan lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Curug Kota Serang pada tahun ajaran 2023/2024 khususnya pada kelas IV. Hasil akhir validasi media memperoleh penilaian sebesar 93,6% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi materi memperoleh penilaian sebesar 98,3% dengan kategori “Sangat Layak”. Dan hasil akhir validasi bahasa memperoleh penilaian sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Sehingga hasil keseluruhan validator memperoleh skor akhir sebesar 94,8% dengan kategori “Sangat Layak”. Dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran scrapbook berbasis kearifan lokal memperoleh skor sebesar 96,6% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Kearifan Lokal Sangat Layak dan Sangat Baik untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa Serang.
Keywords
References
Arsyad, A., 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Benny, A. Pribadi. 2016. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group
Heryaneu, Yekeu. Amir, Pepen. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Scrapbook untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono. 2019. Metode Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Purnama, S. 2010. Elemen Warna Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Al-Bidayah Urnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 113–130.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4942
Article Metrics
Abstract view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.