ANALISIS KREATIVITAS PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS KEARIFAN LOKAL KAOS JUMPUTAN SDN 1 PURBALINGGA LOR

Hanjar Agung Prasetiyo, Okto Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas berbasis kearifan lokal kaos jumputan SDN 1 Purbalingga Lor pada pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode fenomenologi yang bertujuan untuk memahami sebuah fenomena tentang suatu kejadian yang dialami oleh subjek penelitian dalam suatu konteks khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisa data yang digunakan yaitu malalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu mengenai pembelajaran P5 pada kelas IV untuk mengenalkan kearifan lokal yang ada yaitu kaos jumputan. Pembelajaran ini merupakan bagian dari kurikulum merdeka yang bermaksud untuk mengembangkan karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila yaitu pada dimensi kreatif. Kesimpulan pada pelaksanaan P5 di SDN 1 Purbalingga Lor berbasis kearifan lokal kaos jumputan menunjukkan bahwa kegiatan projek P5 dapat menjadi salah satu cara dalam menciptakan kreativitas siswa.

 


Keywords


Profil Pelajar Pancasila, pembelajaran berbasis proyek, kreativitas, kaos jumputan

References


Afriatmei, F., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1286–1292. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5289

Mufti, N. A., Purnamasari, I., & Rofian. (2023). Analisis Muatan Dimensi Kreatif pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah 02 Kendalsari. Pena Edukasia, 1(3), 269–275. https://journal.cvsupernova.com/index.php/pe/article/view/60

Pramudya, A. P. L., & Wijayanti, O. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Seni Rupa Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Sokaraja Kulon, Banyumas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 639–652. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.571




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4965

Article Metrics

Abstract view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.