STEM BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP KOLABORASI SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPAS SD NEGERI 1 BINANGUN
Abstract
Keywords
References
Abdullah, E., Syam, H., & Latief, N. (2016). Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Proses Pengolahan Dan Pengawetan Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Pinrang. 2, 1–23.
Baker, C. K., & Galanti, T. M. (2017). Integrating Stem In Elementary Classrooms Using Model-Eliciting Activities: Responsive Professional Development For Mathematics Coaches And Teachers. International Journal Of Stem Education, 4(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.1186/S40594-017-0066-3
Baroroh, E. K., & Ismatulloh, K. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Kimia Di Kelas Xi Ipa Sman 1 Pringgasela. Lambda : Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa Dan Aplikasinya, 2(1), 1–5. Https://Doi.Org/10.58218/Lambda.V2i1.183
Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Sikap Kerjasama Siswa Melalui Penerapan Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 59–67. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2023.V13.I1.P59-67
Dhitasarifa, I., Yuliatun, A. D., & Savitri, E. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Ekologi Di Smp Negeri 8 Semarang. Seminar Nasional Ipa, 684–694. Https://Proceeding.Unnes.Ac.Id/Index.Php/Snipa/Article/View/2358%0ahttps://Proceeding.Unnes.Ac.Id/Index.Php/Snipa/Article/Download/2358/1842
Diah, M., Sarwi, W., & Yulianto, A. (2018). Development Of Discovery Learning Model Using Scientific Approach To Increase Student’s Comprehension And Communication Skills Article Info. Jise, 7(2), 223–228. Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jise
Ekaputra, F. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Praktikum Dengan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Dan Kreativitas Mahasiswa. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 238–242. Http://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Paedagoria
Gani, A. R. A., & Riadi, S. (2012). Pendidikan Holistik Konsep Dan Implementasi Dalam Pendidikan. Uhamka Press.
Helga, M., Untari, M. F. A., & Mulyani, M. (2024). Penerapan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Rangkaian Arus Listrik Dan Pembangkit Listrik Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1068–1077. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V8i2.7243
Izfauziah. (2024). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Efektivitas Belajar Peserta Didik. 15(1), 68–70.
Johan, E., & Rohaeti, E. (2024). Does The Integrated Discovery Learning Stem Model Improve Students’ Problem Solving Skills In Chemistry Learning? Meta-Analysis Study. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 10(3), 130–138. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V10i3.6879
Khomsatun, A., & Winanto, A. (2024). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 10. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V10i2.3056
Lestari, N., Paidi, & Suyanto, S. (2019). The 21 Century Paradigm In Supporting Sustainable Develompment. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Http://Scioteca.Caf.Com/Bitstream/Handle/123456789/1091/Red2017-Eng-8ene.Pdf?Sequence=12&Isallowed=Y%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Regsciurbeco.2008.06.005%0ahttps://Www.Researchgate.Net/Publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Naufal, I., Yetri, Y., & Junaidah, J. (2024). Implementasi Pendidikan Holistik Di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 741. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V8i2.3351
Ningkaula, T. A., Laliyo, L. A. R., Iyabu, H., & Abdullah, R. (2021). Dampak Model Discovery Learning Berpendekatan Stem Terhadap Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 76. Https://Doi.Org/10.23887/Jpk.V5i1.28871
Nurulanningsih. (2023). Classroom Action Research As The Professional Development Of Indonesian Language Teachers. Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 50–61. Https://Online-Journal.Unja.Ac.Id/Jkam/Article/View/13805
Rahayu, A. S., & Sutarno, J. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Laju Reaksi Dengan Model Discovery Pjbl Berbasis Stem Di Sman 1 Lemahabang Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (Jpfs), 4(1), 17–23. Https://Doi.Org/10.52188/Jpfs.V4i1.104
Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128. Https://Doi.Org/10.37755/Sjip.V8i1.632
Rosmayani, Arafah, K., & Sri, Andi, H. (2024). Peningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas Viifmenggunakanmodel Discovery Learning. 1(20), 408–414.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective (P. Smith (Ed.); Sixth). Pearson.
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. Https://Doi.Org/10.17977/Um031v1i12014p020
Stefvannof, D., Oktavia, R., Lestari, T., Sari, Monica, P., & Wati, F. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Stem Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 3 Lubuk Basung Diego. Journal Of Comprehensive Science, 3(9), 17–23.
Syarifah Ayu, & Rahayu, W. (2022). Pendekatan Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 35–42. Https://Doi.Org/10.56587/Jipm.V1i2.81
Wahyuningtyas, I. N., & Widiyono, A. (2024). The Effect Of Stem-Based Discovery Learning Model On Critical Thinking Skills Of Elementary School Students On Fraction Topics In The Context Of Islamic Education. 15(2), 139–157.
Yuniati, M., Rizieq, A. L., & Nur, F. H. (2023). Dampak Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Stem Terhadap Motivasi Dan Prestasi Siswa. Prosiding Santika 3: Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 589–598. Https://Proceeding.Uingusdur.Ac.Id/Index.Php/Santika/Article/View/1323%0ahttps://Proceeding.Uingusdur.Ac.Id/Index.Php/Santika/Article/Download/1323/693
Zainil, M., Kenedi, A. K., Rahmatina, Indrawati, T., & Handrianto, C. (2023). The Influence Of A Stem-Based Digital Classroom Learning Model And High-Order Thinking Skills On The 21st-Century Skills Of Elementary School Students In Indonesia. Journal Of Education And E-Learning Research, 10(1), 29–35. Https://Doi.Org/10.20448/Jeelr.V10i1.4336
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4982
Article Metrics
Abstract view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.