PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 KALIMANAH WETAN PADA MATA PELAJARAN IPAS

Rizki Alkafia Oktavrianto, Aji Heru Muslim

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri  1 Kalimanah Wetan melalui penerapan model Learning Cycle 5E di bantu media Wordwall pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS). Latar belakang penelititan ini adalah rendahnya dorongan untuk belajar yang dimiliki siswa pada mata pelajaran IPAS dan rendahnya tingkat ketuntasan belajar, khususnya pada ranah kognitif. Metode yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalimanah Wetan yang berjumlah 23, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, angket motivasi belajar, dan lembar evaluasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa. Pada siklus 1 memperoleh persentase ketuntasan jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar dalam satu kelas ialah 67,4% dan meningkat menjadi 100% pada siklus 2. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS juga mengalami peningkatan. Rata-rata skor yang diperoleh siswa pada siklus 1 ialah 67,31 dengan persentase ketuntasan sebesar 69,57%, Pada siklus 2, rata-rata skor mencapai 75,43 dengan persentase ketuntasan 82,61%, Berdasarkan termuan tersbut, maka disimpulkan bahwa penerapan model Learning Cyle 5E yang dibantu media Wordwall pada mata pelajaran IPAS memberikan dampak yang cukup besar dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalimanah Wetan.

Keywords


Model learning cycle 5e, wordwall, motivasi, prestasi belajar

References


Aldi, M., Khairanis, R., Lestari, A. D., & Trinova, Z. (2025). Effectiveness of 5E Cycle Learning Model Assisted by Wordwall Media in Improving Critical Thinking Ability. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5373-5382.

Amalia, S. H., Purwanto, A., & Risdianto, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Fisika (GEMIKA) Berbantuan Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 222-232.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 4(1), 80-86.

Ariesta, M., Harjono, A., & Husniati, H. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5e Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V. Progres Pendidikan, 1(1), 24-32.

Arif, G., Aji, S. D., & Jufriadi, A. (2019). Penerapan Learning Cycle 5E Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2.

Aryantini, N. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Komunikasi Industri Pariwisata. Journal of Education Action Research, 5(2), 239-245.

Azizah, N., Zamroni, M., & Ginanjar, R. R. (2022). Analisis kesulitan belajar dalam pemahaman konsep pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2419-2425.

Budianti, Y., & Aarrahim, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 844-857.

Cayeni, W., & Utari, A. S. (2019, July). Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan: Tantangan Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Djabba, R., Mukhlisa, N., & Utami, D. P. (2021). Penerapan model learning cycle pada pembelajaran tema 3 tentang sistem pencernaan pada hewan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Banga banga Kabupaten Barru (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Efendy, T. (2023). Konsep Sistem Among Dalam Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1231-1242.

Fihronniyah, I. W., Fikriyah, N. I., & Ratnawati, E. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI PERDAGANGAN ANTAR DAERAH DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL. JSPH: Jurnal Sosial Politik Humaniora, 1(2), 42-49.

Fuadi, M., Arsyad, M., Arafah, K., & Asriyadin, A. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 116-121.

Ghozali, S. A., & Irawan, L. Y. (2024). implementasi penggunaan media pembelajaran wordwall sebagai media interaktif dan menarik pada mata pelajaran ips di smpn 16 malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(4), 4-4.

Gule, Y. (2022). Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Tinjauan Melalui Kompetensi Sosial dan Keteladanan Guru. Indramayu: CV Adanu Abimata

Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya peningkatan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar. PENSA, 2(1), 36-42.

Hadi, W., Sari, Y., & Pasha, N. M. (2024). Analisis penggunaan media interaktif Wordwall terhadap peningkatan hasil belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(2), 466-473.

Hafidzah, F. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall di Kelas 2 SD Muhammadiyah Sawangan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3378-3384.

Lestari, N. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(2), 112-120.

Lestari, R., & Rohmani, R. (2024). Analysis of the effectiveness of Wordwall media use on science learning outcomes in elementary schools. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 5(4), 891-905.

Makur, H. S., Nurfaika, N., & Koem, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Sebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Suwawa. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 36-40.

Mandi, L.W., Kurniawati, I. Y., Ilyas, M., & Sarniaty, S. (2023, December). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Pada Pembelajaran IPA. In Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman (Vol. 4, pp. 34-41).

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Ipas Pada Kurukulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(2), 54-65.

Mayasari., Aisyah, N., & Hermanto, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 10(1), 1-24.

Mentari, K. P., Komarayanti, S., & Sari, Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Materi Siklus Biogeokimia Kelas X-10 di SMA Negeri 3 Jember. PANDALUNGAN: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikultural, 1(2), 163-170.

Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa man 1 lamongan. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 189-199.

Muslim, A. H. (2020). Media Pembelajaran PKn di SD. Purwokerto Selatan: CV Pena Persada.

Nadia, D. O., & Desyandri. (2022). Pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1924-1933.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-77.

Purwanto, A. T. (2024). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/cgi-sys/suspendedpage.cgi

Rachmawati, T., & Daryanto. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media

Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) Terhadap Kecerdasan Naturalis Siswa Kelas Iv Mi Al Fitroh Cipondoh Kota Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education, 1(2), 2722-6689.

Riyanti, R., Cahyono, E., Haryani, S., & Mindyarto, B. N. (2021). Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPA Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 4, No. 1, pp. 203-207).

Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Sari, N., & Rahmi, L. (2024). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Bunyi Dan Sifatnya di Kelas V Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4), 256-266.

Supriyadi, A., Muis, A., & Hidayati, L. (2022). Pengaruh penggunaan media Chromebook terhadap motivasi belajar siswa. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 6(2), 113-120.

Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., Falah, A. M., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 310-315.

Yaumi, M., & Damopolii, M (2016). Action Research: Teori, model dan aplikasinya. Prenada Media.

Yusuf, M. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS Berbasis Chromebook di SDN 05 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Journal of Information System and Education Development, 2(1), 33-38.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.5059

Article Metrics

Abstract view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.