PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA SISWA SD

Fera Cindyanawati, Diana Ermawati, Imaniar Purbasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penerapan model Discovery Learning berbantuan media flipbook dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa SD. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai metodologinya. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD 1 Kedungdowo berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning berbantuan media flipbook dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III, hasil penilaian pada siklus I memperoleh ketuntasan presentase mencapai 64%, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 74%. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa model Discovery Learning berbantuan media flipbook efektif dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Keywords


Discovery Learning; Flipbook; Keterampilan Membaca

References


Anggraeni, W., Wahyudin, D., & Mulyani, S. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Komik Digital Flip Book dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. FONDATIA, 7(3), 731-746.

Anwar, M. F. N., Wicaksono, A. A., & Pangambang, A. T. (2022). Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. Musamus Journal of Primary Education, 5(1), 57-64.

Arikunto, S. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, W., Ermawati, D., Aninda, D. K., Firmansyah, M. R., & Atmojo, W. T. (2024). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS I SD MUHAMMADIYAH BIRRUL WALIDAIN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 576-588.

Aufa, F. N., Purbasari, I., & Widianto, E. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 86-92.

Ermawati, D., Wati, M. C., Destantya, S., & Sari, N. F. (2023). PENGARUH MEDIA BALOK HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS II SLB NEGERI PURWOSARI. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 16(2), 154-166.

Ernawati, E., & Kanzunnudin, M. (2023). Analisis Cerita Lisan Asal–usul Nyai Ageng Ngerang dan kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 311-317.

Harlita, D., HADIYANTI, A. H. D., & SAPTORO, A. (2021). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Ketelitian dan Keterampilan Membaca Siswa. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(3), 77-83.

HASLAMI, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Mirnawati, L. B., & Fabriya, R. A. V. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22-38.

Mukarromah, J. Z., SUTOMO, M., & SAHLAN, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Siswa. PESAT, 7(4), 1-10.

Muslihudin, A. (2019). Implementasi model discovery learning berbantuan video dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Suganangan. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 74-86.

Purwati, G., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar Di Kelas Rendah. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 179-188.

Putri, A. R., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2022). Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1192-1199.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237.

Sandy, D. N., Cholily, Y. M., Zukhrufurrohmah, Z., & Ummah, S. K. (2022). Pengembangan Flipbook Bermuatan Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 135-148.

Tarigan, D. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 56-62.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis rendahnya literasi sains peserta didik indonesia: Hasil PISA dan faktor penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11-19.

Yusuf, N., Setyawan, H., Immawati, S., Santoso, G., & Usman, M. (2022). Pengembangan Media Flipbook Berbasis Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8314-8330.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.5117

Article Metrics

Abstract view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.