EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD 2 GETAS PEJATEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media flipbook dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada pembelajaran IPAS. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas IV SD 2 Getas Pejaten. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS. Hasil menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Rata-rata skor pretest sebesar 44,48 meningkat menjadi 83,19 pada posttest dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian, model STAD berbantuan flipbook efektif meningkatkan berpikir kritis siswa.
Keywords
References
Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan. Https://Doi.Org/10.24176/Wasis.V2i1.5191
Arum, N. M., & Masfuah, S. (2020). Permainan Lempar Gelang Menggunakan Model Stad Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar.
Ifa, H., Astutik, S., Apriyanto, B., Mujib, M. A., & Kurnianto, F. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sma/Ma. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1). Https://Doi.Org/10.19184/Pgeo.V6i1.39152
Latifah, N., Setyadi Kurniawan, E., Kunci, K., Flipbook Maker, K., & Berpikir Kritis, K. (2020). Pengembangan E-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Development Of Physics E-Modules To Improve Critical Thinking Ability Of Students. Jips: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01, 1–7. Http://Jurnal.Umpwr.Ac.Id/Index.Php/Jips
Lestari Hutagalung, M., & Minarni, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Kelas Xi Sma Negeri 11 Medan. Matriks Jurnal Sosial Dan Sains, 4(2). Https://Doi.Org/10.59784/Matriks.V4i2.474
Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model Pembelajaran Tgt Berbasis Media Ftb. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V7i4.2683
Mude, L. (2023). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas 4 Sd. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 70–86.
Muflikatun, M., Santoso, S., & Ismaya, E. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Microsoft Sway Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Psej (Pancasakti Science Education Journal). Https://Doi.Org/10.24905/Psej.V6i2.109
Ningsih, E. D. R., & Wulandari, R. N. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.3073
Pramesti, A. D., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2023). Media Interaktif Nearpod Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V9i1.4578
Puspitasari, N., Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Gobak Sodor Dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Basicedu.
Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2458
Putri, H. K., Pratiwi, I. A., & Masfuah, S. (2023). Model Student Team Achievement Division Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4). Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V9i4.6153
Rahmawati, A., & Ismaya, E. A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Dalam Materi Ips. Collase (Creative Of Learning Students Elementary Education). Https://Doi.Org/10.22460/Collase.V6i6.21557
Salsabilla, M., Aditia Ismaya, E., & Shokib Rondli, W. (2023).
Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Pada Kurikulum Merdeka Materi Membangun Jati Diri Dalam Kebinekaan Menggunakan Media Audio-Visual Untuk Siswa Kelas Iv Sdn 2 Sadang. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V9i04.1656
Wahyuni, E. T., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2023). Penerapan Inkuiri Terbimbing Dan Penggunaan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta Pgri. Https://Doi.Org/10.30998/Kibar.27-10-2022.6341
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.5136
Article Metrics
Abstract view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.