PENGARUH SARANA, IKLIM SEKOLAH, DAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Ahmad Ali Akbar, Syafruddin Syafruddin, Andi Sukri Syamsuri

Abstract


Peningkatan minat baca sangat penting sejak dini, melalui peningkatan minat baca mutu pendidikan meningkat. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh sarana, iklim sekolah, motivasi terhadap minat baca. Observasi siswa kelas III SDN 82 Pattene terdapat 9 siswa tidak tau membaca. Jenis penelitiannya ex-post factosifatnya korelasional. Teknik pengumpulan data berupa angket. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif melalui analisis jalur. Hasil menunjukkan hanya iklim sekolah yang memberi pengaruh peningkatan minat baca. tampak pada uji kelinieran regresi. Variabel iklim sekolah (X2) tHitung 2,816 > tTabel 2,008 disimpulkan H2 atau hipotesis kedua diterima. Artinya ada pengaruh iklim sekolah (X2) terhadap minat baca (Y), variabel sarana (X1) t Hitung 1,625 < tTabel 2,008 disimpulkan H1 atau hipotesis pertama ditolak. Artinya tidak ada pengaruh sarana (X1) terhadap minat baca (Y). Variabel motivasi (X3) t Hitung 0,418 < tTabel 2,008 disimpulkan H3 atau hipotesis ketiga ditolak. Artinya tidak ada pengaruh motivasi (X3) pada minat baca (Y).

Kata Kunci : Sarana, iklim sekolah, motivasi, minat baca


Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2009. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Daryanto. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Gava Media. Yogyakarta.

Departemen Agama RI.2007.Al-Qur'an dan Terjemahannya Al-Jumanatul 'Ali Seuntai Mutiara Yang Maha Luhur.Bandung:J-Art.

Failasuf, Ashef Fiqo. 2013. Pengaruh Perhatian Orang TuaSiswa, Kebiasaan Belajar dan Nilai UAN Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Teori Pemesinan Kelas I SMK Negeri 3 Yogyakarta dan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun 2012/2013.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Harjono, Bob. 2015. Merangsang dan Melejitkan Minat Baca Anak Anda. Yogyakarta: Manika Books.

Indarwati, Feri. 2011. Pemanfaatan Buku Teks Oleh Guru Dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus SMA Negeri Kabupaten Semarang). Tugas Akhir Tesis.USM SURAKARTA.

Indrawan, Irjus. 2015. PengantarManajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Deepublish. Yogyakarta

Kompri. 2014. Manajemen Sekolah. Bandung: ALFA- BETA.

Kurniawati, D. D. (2015). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Perpustakaanterhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sardiman, A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siregar, S. (2015). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudarmanto, R. G. (2005). Analisis regresi linear ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.518

Article Metrics

Abstract view : 284 times
PDF - 303 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.