Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL

  1. Artikel berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian
  2. Artikel yang dikirim ke jurnal tidak sedang dikirimkan ke jurnal/terbitan lain dan belum dipublikasikan dalam jurnal/terbitan lain.
  3. Artikel dikirim dalam bentuk softcopy dengan format Microsoft Word.
  4. Artikel ditulis dengan Artikel ditulis pada kertas A4 Font Times New Roman  ukuran 12
  5. Artikel ditulis dalam bahasa yang baik dan benar

Sistematika Penulisan Hasil Penelitian

 

Sistematika penulisan yang dapat digunakan untuk hasil penelitian adalah sebagai berikut:

JUDUL ARTIKEL MEMAKAI BAHASA INDONESIA JIKA NASKAH DENGAN BAHASA INDONESIA MAX 15 KATA

Penulis1, Penulis2, Penulis3, Penulis4 (maksimal 4 penulis)

Nama Instansi/Lembaga Afiliasi penulis tanpa menyebut jabatan, Negara

Email: Penulis1, Penulis2, Penulis3, Penulis4

 

ABSTRACT

Abstrak dalam Bahasa Inggris dalam satu paragraph dengan bahasa inggris maksimal 150 kata dengan tidak ada rumus. Abstrak setidaknya memuat latar background, tujuan, metode, hasil dan rekomendasi (jika ada). Abstrak tidak memuat uraian matematis dan bahasa statistik. pada akhir abstrak diakhiri dengan kata kunci maksimal 4-5 kata yang mampu merepresentasi tulisan

Keywords: kata kunci 4-5 kata

 

ABSTRAK

Abstrak dalam Bahasa Indonesia jika naskah menggunakan bahasa Indonesia, berisi satu paragraph maksimal 150 kata dengan tidak ada rumus. Abstrak setidaknya memuat latar belakang, tujuan, metode, hasil, simpulan dan rekomendasi (jika ada). Abstrak tidak memuat uraian matematis dan bahasa statistik. pada akhir abstrak diakhiri dengan kata kunci maksimal 4-5 kata yang mampu merepresentasi tulisan.

Kata kunci: kata kunci 4-5 kata

 

PENDAHULUAN

Pendahuluan berisi tentang penjelasan latar belakang penelitian yang dikerjakan meliputi identifikasi permasalahan yang ada, tinjauan pustaka, tujuan penelitian, dan manfaat yang didapatkan dari hasil penelitian. Tinjauan pustaka pada bab ini untuk menjelaskan serta menampilkan penelitian-penelitian yang pernah ada sebelumnya dan relevan dengan penelitian terkait. Tinjauan pustaka juga berisi penelitian-penelitian yang dijadikan acuan. Sehingga dari penjelasan pada bagian ini akan memperlihatkan kebaruan dari penelitian yang dilakukan.

Artikel ditulis pada kertas A4, atas 2,54  cm, bawah 2,54 cm samping kiri 3 cm dan samping kanan 2,54 cm. Font Times New Roman  ukuran 12.

LANDASAN TEORI

Bagian Landasan Teori berisi tentang penjelasan secara detail terkait teori-teori / algoritma yang digunakan sebagai landasan dalam melakukan penelitian.

METODE PENELITIAN

Berisi desain penelitian yang digunakan (metode, jenis data, sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, pengukuran variabel) yang ditulis dalam bentuk paragraf mengalir (tidak dibuat numbering). Penulisan rumus, persamaan-persamaan yang digunakan disusun pada baris terpisah dan diberi nomoe secara berurutan dalam parentheses (justify) dan diletakkan pada margin kanan sejajar dengan baris tersebut.

Penyajian rumus dan keterangan dari rumus dapat dilihat di bawah:

Y = β0 + b1X1 + b2X2+ .... bnXn + ε      (1)

Dimana Y merupakan Intensi Kewirausahaan, β0 adalah konstanta, b1, b2adalah koefesien regresi, X1adalah kebutuhan akan prestasi, X2 adalah efikasi diri dan ε adalah error term.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Berisi hasil temuan penelitian dan pembahasannya. Hasil penelitian dan pembahasan tidak dibentuk dalam sub penelitian ataupun sub pembahasan. Harapannya dalam pembahasan ini penulis mengkaji hasil temuannya dan di rujuk silangkan dengan studi teoritik maupun studi empiric, yang ditulis dengan sistematis, analisis yang kritis, dan informatif. Penggunaan tabel, gambar dsb hanya sebagai pendukung yang memperjelas pembahasan dan dibatasi hanya pada pendukung yang benar-benar substantial, misalnya tabel hasil pengujian statistik, gambar hasil pengujian model dsb. Pembahasan hasil bersifat argumentatif menyangkut relevansi antara hasil, teori, penelitian terdahulu dan fakta empiris yang ditemukan, serta menunjukkan kebaruan temuan. Penggunaan tabel sangat disarankan tidak terlalu panjang, dan jika memang perlu memasukkan tabel yang panjang tersebut maka dapat memasukkannya dalam lampiran.

Tabel dan gambar dapat dimasukkan dalam naskah atau pada lampiran sesudah naskah harus diberi nomor urut.

Tabel 1: Judul Tabel

Tahun

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

2009

60

28

88

2010

59

30

89

2011

29

16

45

2012

27

20

47

2013

20

17

37

Sumber : Data Primer Diolah, 2013

Sumber: xxxxx, (Tahun)

Gambar 1
Judul Gambar

 PENUTUP

Berisi simpulan yang dibentuk dalam satu paragraph. Simpulan hendaknya merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, dan diungkapkan bukan dalam kalimat statistik. Ditulis sepanjang satu paragraf dalam bentuk esai, tidak  dalam bentuk numerical. Jika perlu menuliskan saran atau rekomendasi maka dituliskan menyatu dalam satu paragraph ini.

 DAFTAR PUSTAKA

  1. Pustaka menggunakan metode APA style
  2. Upayakan menggunakan aplikasi Mendeley
 Pustaka Primer (Jurnal)

 Happy, S. dan Munawar. 2005. The Role of Farmer in Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia 2(1): 159-173.

Buku Teks

Wiley, J. 2006. Corporate Finance..MC. GrowHill Los Angeles.

Bygrave, W. D. 2003. The Portable MBA Entrepreneurship. Binarupa Aksara. Jakarta

Prosiding

Rizal. Taufik. 2012. Pengaruh Bank Syariah Terhadap Produksi Jagung di Madura. Prosiding.  Seminar Nasional Kedaulatan Pangan Bangkalan Suabaya: 119-159.

 Skripsi/Tesis/Disertasi

Subari, Slamet. 2008. Analisis Alokasi lahan mangrove Kabupaten Sidoarjo. Disertasi. Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Internet

Marsela, Ades. 2011. Media Pembelajaran Aktif. https://kumparan.com. Diakses tanggal 27 Januari 2018

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.