ANALISIS KEMAMPUAN AFEKTIF PEMBELAJAR DARING PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMAMADIYAH BENGKULU
Abstract
This study aims to analyze how children's learning achievement in online learning during the Covid-19 pandemic. The type of research used is qualitative research with a descriptive approach. The data collection techniques in this study used deep interview techniques and documentation which was based on valid data. The result of the study was that the Covid-19 pandemic had a major impact on children's learning achievement. In learning in online learning students experience more difficulties in learning. The learning achievement of children is difficult to monitor directly by the teacher. The application of effective and efficient learning methods in online learning will affect good learning achievement. There are other factors, namely external factors, namely the family which greatly influences children's learning achievement
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aceh, Zamanmania. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Belajar. https://zamanmaniaaceh. blogspot. com (diakses pada tanggal 25 juli 2020).
Aisyah, S. (2022). Analisis Tentang Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Minat Belajar Peserta Didik (Studi Literatur) (Doctoral Dissertation, Fkip Unpas).
Afifatusholihah, A. D. (2022). Pengaruh Metode Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 12-20.
Astari, M. , & Ramadan, Z. H. (2022). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 230-241.
Bagaskara, S. D. , & Khory, F. D. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 10 Nomor 01 Tahun 2022.
Choiroh, Nisaul. 2020. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring/E-learning Dalam Pandangan Siswa. Instutut Agama Islam Negeri Surakarta. https//iain- surakarta.ac.id (diakses tanggal 23 juli 2020).
Damanik, Darwin, et al. Ekonomi Pariwisata: Konsep, Pemasaran dan Pembangunan. Yayasan Kita Menulis, 2022.
Endayani, T. , & Armanisah, A. (2022). Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Iv Di Mis Nurul Falah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1).
Marito, W. , & Riani, N. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Mahasiswa UPMI pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 223-233.
Halajur, U. (2022). Peranan Komunikasi Preventif Pemerintah Dan Komponen Bangsa Melalui Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Remaja Dalam Upaya Percepatan Penanganan Covid 19 (Studi Kualitatif Pada Mahasiswa Di Palangka Raya) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).
Hasan, Muhammad. 2018. Pendidikan Ekonomi Informal : Bagaimana Pendidikan Ekonomi Membentuk Pengetahuan Pada Bisnis Keluarga?. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 1(2): 35
Hayati, Nur. 2020. Metode Pembelajaran Daring/E-Learning yang Efektif. https://www. researchgate. net (diakses tanggal 29 juli 2020). 6-7.
Indramawan, Anik. 2020. Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Literasi Bahasa Mahasiswa. Jurnal Innovative 8(1): 147-180.
Irsan, I. , Sufinuran, S. , & Fauziah, R. (2022). Analisis Perkembangan Perilaku Sosio-Emosional Siswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring (Online) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 971-980.
Juanda, I. (2022). Peranan Orang Tua Dalam Membiasakan Pengamalan Ibadah Shalat Anak. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 105-126.
Kurniawan, Reka Ikraami. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika 1(2): 37-47.
Fitri, H. S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Pada Mata Pelajaran Pai Di Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 1 Natar Lampung Selatan (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Keengwe, J. , & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365-379.
Rachmat, Agung. , dan Iwan Krisnadi. 2020. Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (ONLINE) Untuk Siswa SMK Neeri 8 Kota Tanggerang Pada Saat Pandemi Covid-19. Academia. edu. Universitas Mercu Buanan, Menteng, Jakarta, Indonesia.
Rachmawati, R. N. , & Christiana, T. (2022). Rancang Bangun Dan Pemanfaatan Mikrotik Dalam Jaringan RT RW Net. Jurnal Publikasi Ilmu Komputer dan Multimedia, 1(1), 31-42.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Sukma, W. H. , Saraswati, N. I. , & Setiawati, N. (2022). Penanaman Karakter Disiplin Pada Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 56-62.
Meleong,lexy J. 2007. Metode penelitian kualitatif. Penerbit Pt. Remaja rosdakarya Offset, Bandung.
Mukhlas, M. , & Munawarah, S. (2022). Metode Pembelajaran Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini. Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, 18(1), 1-20.
Mustofa, M. I. dkk. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 151-160.
Nur, F. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pkn Di Madrasah Ibtidaiyah Masyariqul Anwar Iv Sukabumi Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Nuriah, L. , Mujtahid, I. M. , & Wahyuningrum, E. (2022). Pengaruh E-Learning Zoom Cloud Meeting Terhadap Motivasi dan Gaya Belajar Visual Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru Riau. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 201-212.
Tambunan, S. F. (2022). Hubungan Body Image Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Putri Kota Tebing Tinggi
Rahayu, N. A. (2022). Implementasi Manajemen Kelas Pada Pembelajaraan E-Learning Di Sma Quran Darul Fattah Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Sobron, A. N. dkk. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.
Syafi’i, Ahmad, dkk. (2018). Study Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 02. No. 02.
Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v6i2.1187
Article Metrics
Abstract view : 238 timesPDF - 132 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .