PENGARUH KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI MAN 1 SINTANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahriah, E. S., Yunita, L., & Sholihat, R. N. (2023). Aplikasi Kurikulum Merdeka: Fenomena Learning Loss Pada Pembelajaran Kimia. Media Sains Indonesia.
Basri, S., & Khatimah, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Jeneponto. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 2(2), 85-90.
Chaniago, S., Yeni, D., & Setiawati, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di MAN I Koto Baru. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 2(3), 184-191. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i3.400
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Khoirurrijal et al. (2022). Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Mawarsari, N., & Wardani, K. W. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi pada Kurikulum Merdeka Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5461-5465. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1177
Nurhidayati, V., Ramadani, F., & Setiawati, M. (2022). The Influence of Implementation of Merdeka Belajar Curriculum on Student Motivation in Grade X at SMAN 1 Payung Sekaki. Jurnal Eduscience (JES), 9(3), December.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0â€. Gorontalo, Indonesia: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.
Rizqi, F.N.N.M., Supriyanto, T., Astuti, T., Ratnaningrum, I., & Andaryani, E. T. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD di Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Journal of Elementary Education, 5(2), 2252-9047.
Samrin, Syahrul, St. Fatimah Kadir, & Dewi Rafiul Lukluil Maknun. (2020). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa. Shautut Tarbiyah, 26 (2), https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/shautut-tarbiyah/article/view/2400/1398.
Sardiman. (2016). Interaksi Motivasi Dan Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–24. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v9i1.3358
Article Metrics
Abstract view : 415 timesPDF - 206 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .