PELATIHAN POWERPOINT I-SPRING BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN DARING

Ratni Purwasih, Eva Dwi Minarti

Abstract


ABSTRACT

This community service activity aims to improve the abilities and skills of Mathematics MGMP teachers in Pangandaran in using digital-based learning media, namely Android-based I-Spring powerpoint. The service partner in this activity is the mathematics teacher MGMP in Pangandaran. In the implementation of activities, the method used is training. Android-based I-Spring powerpoint learning media training with 21 MGMP SD teachers participating in the activity. The activity implementation stage includes the preparation stage, the activity implementation stage, evaluation and reflection. The results of the service activities showed that the percentage of achievement of mastery and learning skills of TPACK based on powerpoint I-Spring before training was 27.5% and there was an increase of 59% after the activity took place to 86.5%. Participants understand I-Spring powerpoint-based TPACK learning and are able to use I-Spring on Android with good and very good categories. In addition, all participants gave a positive response to the implementation of community service activities

Keywords: Powerpoint I-Spring, Media Interaktif, Daring


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para guru MGMP Matematika di pangandaran dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital yaotu powerpoint I-Spring berbasis Android. Mitra pengabdian dalam kegiatan ini yaitu MGMP guru matematika di pangandaran. Dalam pelaksanaan kegiatan, metode yang digunakan adalah pelatihan. Pelatihan media pembelajaran powerpoint I-Spring berbasis Android dengan jumlah peserta kegiatan sebanyak 21 guru MGMP SD. Tahap pelaksanaan kegiatan meliputi, tahap persiapan, tahap pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan refleksi. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa persentase ketercapaian penguasaan dan keterampilan pembelajaran TPACK berbasis powerpoint I-Spring sebelum pelatihan adalah sebesar 27,5% dan terjadi peningkatan sebesar 59% setelah kegiatan berlangsung menjadi 86,5%. Peserta memahami pembelajaran TPACK berbasis powerpoint I-Spring dan mampu menggunakan I-Spring dalam Android dengan kategori baik dan sangat baik. Selain itu seluruh peserta memberikan respon positif terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.

Kata Kunci: I-Spring Powerpoint, Interactive Media, Online


Keywords


Powerpoint I-Spring, Media Interaktif, Daring

Full Text:

PDF

References


Apsari, P. N., & Swaditya, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. Journal of the Society of Mechanical Engineers, 7(1), 161–170. https://doi.org/10.1299/jsmemag.121.1191_47.

Delita, F. (2017). Penerapan Authentic Assesment Pada Mata Kuliah IPS Terpadu Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL GEOGRAFI. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6970.

Dewi, K.H.S., Melati, I.G.A.S., Aryawan, I.K.B.S., Narayana, I.W.D. (2021). Penguatan Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Tutor Pusat Kegiatan Belajar Masyarkat (PKBM) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Daring. Jurnal MM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 5 (2), 642-650.

Fuadi, T. M., Musriandi. R., &Suryani, L. (2020). Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 193–200.

Kurniawan, A., Prabowo, G., & Falahudin, T. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Google Classroom. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 15(2), 97–108. https://doi.org/10.37729/ autotech.v15i2.528.

Purwasih, P., & Apsari, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru MA Cahaya Harapan Melalui Pelatihan Pembelajaran Blended Learning Berbasis LMS Moodle di Era Post Covid 19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 4(1), 1-8.

Purwasih, R., & Elshap, D.S. (2021). Belajar Bersama COVID-19:Review Implementasi, Tantangan dan Solusi Pembelajaran Daring pada Guru-Guru SMP: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10 (2), 940-950.

Purwasih, R., Jumiatin, D., & Aripin, U. (2020). Pemerdayaan Guru-Guru MTs Cahaya Harapan Melalui Kegiatan Transfer IPTEK E-Mathgogy Menggunakan Pendekatan Revolusi Industry 4.0. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 37– 41




DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v5i1.1509

Article Metrics

Abstract view : 210 times
PDF - 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.