PEDULI SOSIAL TERHADAP KORBAN BANJIR DI KOTA SINTANG
Abstract
ABSTRACT
This paper aims to describe what the form of social care attitude towards the people of Sintang City looks like. As for in this article, what is implemented in the flood community of Sintang City is a form of social care attitude in the people of Sintang City, among others, please help, cooperate, tolerate and empathize. The implementation of helping, among others: helping people affected by floods, volunteering, distributing food to people affected by floods. Implementation of tolerance, including cleaning places of worship that were submerged by floods when the flood had begun to recede, and cleaning places of worship, namely mosques and prayer rooms. gotong royong to evacuate the belongings of residents affected by the flood.
Keywords: Sintang Flood, Social Care, Cooperation
ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan seperti apa bentuk sikap peduli sosial terhadap masyarakat Kota Sintang. Adapun dalam artikel ini yang diimpelematasikan dalam masyarakat banjir Kota Sintang yaitu bentuk sikap peduli sosial pada masyarakat di Kota Sintang, antara lain, tolong menolong, bekerjasama, toleransi dan empati. Implementasi tolong menolong, antara lain: menolong masyarakat yang terdampak banjir, menjadi relawan, membagikan makanan pada masyarakat terkena dampak banjir. Implementasi toleransi, antara lain membersihkan tempat ibadah yang terendam banjir ketika banjir sudah mulai surut, dan tempat ibadah yang dibersihkan yaitu masjid, dan mushola, Implementasi kerjasama, antara lain, gotong royong dalam pembagian sembako, gotong royong membersihkan rumah warga yang terkena banjir, kemudian gotong royong mengevakuasi barang-barang warga yang terdampak banjir.
Kata Kunci: Banjir Sintang, Peduli Sosial, Kerjasama
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Duda, H. J., Wibowo, D. C., Wahyuni, F. R. E., Setyawan, A. E., & Subekti, M. R. (2021). Examines the Misconceptions of Students Biology Education: Health Biotechnology. Pedagogika, 142(2), 182–199. https://doi.org/10.15823/p.2021.142.10
Erlina Tri. 2019. Analisis Pendidikan Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku SDN Kebonsari 2 Malang.
Paramita, Prajna. 2014. Implementasi Karakter Kepedulian Sosial Pada Masyarakat Lereng Merapi (Studi Kasus Pada Komunitas Lereng Merapi di Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali).Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Qoimatunnisa. 2017. Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Peduli Sosial Siswa (Studi Deskripstif Kualitatif di SMPN Se-Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram: Program Sarjana Universitas Mataram.
Tanti Rizkian Sari. 2018. Implementasi Sikap Peduli Sosial Pada Masyarakat Dusun Bumi Permai Kecamatan Labu Api Kabupaten Lombok Barat.
Wedyawati, N., Setyawan, A. E, Dike, D., Lisa,Y., Wibowo, D. C. (2020). Design of Gamikar (Game Mitigasi Kebakaran) forHigh-Grade Elementary Student. Journal of Advanced Research in Dynamical andControl Systems.176-185.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v5i2.1747
Article Metrics
Abstract view : 108 timesPDF - 210 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.