PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK WANITA TANI MELALUI DIGITAL MARKETING DALAM MEMAKSIMALKAN HASIL TANI YANG BERKELANJUTAN PASCA PANDEMI
Abstract
ABSTRACT
This Community Service began with field observations about the Women Farmers Group whose marketing of agricultural products was less productive and the pandemic that hit in early 2020. The agricultural sector was also affected, especially the Hayak Tamara Women's Farmer Group which is located in the city of Palangkaraya which is a bit far away. from the city. In addition, the Hayak Tamara Women's Farmer's Group lacks productive human resources who can help market their agricultural products optimally. Central Kalimantan runs the Food Barn Program. One of them is on this basis that the dedication team will carry out some ongoing mentoring and empowerment. How is this as a strengthening of Human Resources in the Hayak Tamara Women's Farmer Group so that they are productive in maximizing their farming results in an effective, efficient and independent manner. How does this service team have a responsibility to help this community business group to have motivation in marketing their agricultural products through Digital Marketing in a sustainable manner after the pandemic. From this service, it will bring the Hayak Tamara Women's Farmer Group to be an example of KWT that is independent in marketing products digitally and contributes greatly with other farmer groups and the Government in sustainable development in the Agricultural Sector.
Keywords: Capacity Building, Women Farmers Group, Digital Marketing, Sustainable Development, Pandemic
ABSTRAK
Pengabdian Kepada Masyarakat ini berawal dari observasi di Lapangan tentang Kelompok Wanita Tani yang pemasaran hasil tani nya kurang produktif dan ditambah lagi pandemi yang melanda pada awal tahun 2020. Sektor pertanian pun ikut terdampak terutama Kelompok Wanita Tani Hayak Tamara yang berada di kota Palangkaraya yang agak jauh dari perkotaan. Ditambah lagi Kelompok Wanita Tani Hayak Tamara ini kekurangan SDM yang produktif yang dapat membantu pemasaran produksi hasil taninya secara maksimal. Kalimantan Tengah menjalankan Program Lumbung Pangan. Salah satunya atas dasar inilah yang melandaskan tim pengbadian akan melakukan beberapa pendampingan dan pemberdayaan secara berkelanjutan. Bagaimana ini sebagai penguatan Sumber Daya Manusia di Kelompok Wanita Tani Hayak Tamara agar produktif dalam memaksimalkan hasil taninya secara efektif, efisien danĀ berkemandirian. Bagaimana tim pengabdian ini memiliki tanggungjawab untuk membantu kelompok usaha kemasyarakatan ini agar memiliki motivasi dalam memasarkan produk hasil taninya melalui Digital Marketing secara berkelanjutan pasca pandemi. Dari pengabdian ini nantinya akan membawa Kelompok Wanita Tani Hayak Tamara menjadi salah satu contoh KWT yang berkemandirian dalam memasarkan produk secara digital serta turut berkontribusi besar bersama kelompok tani lainnya dan Pemerintah dalam pembangunan secara berkelanjutan di Sektor Pertanian.
Kata Kunci: Peningkatan Kapasitas, Kelompok Wanita Tani, Digital Marketing, Pembangunan Berkelanjutan, Pandemi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Evizal Rusdi. Dkk. 2022. Peningkatan Produktivitas Kopi Sistem Sambung Interspesifik Robusta/Liberika. Lampung. Vol. 6, No.2 April 2022, Hal. 291-297 https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.5047
Evendi A.A. & Suryadharma P. 2020. Peran Kelompok Wanita Tani Dalam Perekonomian Masyarakat Desa Neglasari Kabupaten Bogor. Bogor. Maret 2020, Vol 2 (2) 2020:252-256. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat Entrepreneur Jurnal. 2021. Strategi Digital Marketing. https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan- penerapannya/
Lestari. I. P. 2019. Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dan usaha Dagang dalam Pengembangan Liquid State Fermentation di Kecamatan
Bantimurung. Vol 1, No.1, April 2019, pp 53-61 p-ISSN: 2656-7938. http://journal.lldikti9.id/CER/index . Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Natsir, Fadhlurrahman. I.M. 2020. Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Peternakan Bakso Goreng Pada Kelompok Wanita Tani Melalui Digital Marketing System. Volume 16 Nomor 2, Desember 2020. Jurnal Agrisistem: Seri Sosek dan Penyuluhan.
OCBC NISP. 2021. Definisi Digital Marketing dan Kelebihannya secara Spesifik. https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/09/06/digital-marketing-adalah
Pradiatiningtyas. Dkk. 2021. Pelatihan Marketplace untuk Mendukung Pemasaran Online Pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Indah Lestari. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Prodi Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/317560/LAPORAN-PM-SEM- GENAP-2020-2021_LINA-AYU-SAFITRI.pdf
Purwantini. H.A. 2020. Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Sakinah Dusun Gales Kabupaten Magelang Guna Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Keluarga. Volume 6, No.2 Oktober 2020. http://journal.trunojoyo.ac.id/pengabdhi. ISSN: 2477-6289
Santi, T. E. 2021. Sosialisasi dan Pendampingan Digital Marketing Di Era Pandemi Covid 19 Pada Kelompok Wanita Tani Kelurahan Tembong Kota Serang. Volume 3 Nomor 2, Desember 2021. Bantenese Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Utami. P.D. 2020. Pengenalan Digital Marketing dalam Pemasaran Produk Pertanian untuk Petani Milenial Desa Wonotulus Kecamatan Purwerejo Kabupaten Purwerejo. Seminar Nasional Karya Pengabdian: Peningkatan Daya Saing Hasil Pertanian Menuju Revolusi Industri 4.0. Prosiding e-ISSN: 2797-8826. Universitas Muhammadiyah Mataram
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v5i2.1882
Article Metrics
Abstract view : 215 timesPDF - 192 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.