PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMEN LITERASI NUMERASI BERTEMA PERTANIAN BAGI GURU MI HIDAYATUL MUBTADI’IN SIDODADI TEMPUREJO
Abstract
ABSTRACT
AKMI as a comprehensive assessment is used to diagnose students' strengths and weaknesses in reading literacy, numeracy literacy, scientific literacy and socio-cultural literacy at MI, MTs and MA levels. MI Hidayatul Mubtadi'in Sidodadi Tempurejo is one of the schools that hold AKMI. AKMI results show quite satisfactory results. However, there needs to be improvement because there are still many students who are still at the basic level. One component that needs to be improved is strengthening facilitator capacity through training. Community service activities aim to overcome problems and fulfill the practical needs of MI Hidayatul Mubtadi'in Sidodadi Tempurejo through training and mentoring. Community service activities use a PAR approach. The activity stages consist of planning, training, mentoring and evaluation. The activity went smoothly. This activity provides additional knowledge for teachers regarding the concept of numeracy literacy and how to prepare numeracy literacy questions. The teachers have tried to arrange numeracy literacy questions according to their respective fields of study with the theme of agriculture.
Keywords: AKMI, numeracy literacy, training, agriculture
ABSTRAK
AKMI sebagai asesmen komprehensif digunakan untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan peserta didik pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya pada jenjang MI, MTs, dan MA. MI Hidayatul Mubtadi’in Sidodadi Tempurejo sebagai salah satu sekolah yang melaksanakan AKMI. Hasil AKMI menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Namun perlu adanya peningkatan karena masih banyak siswa yang masih berada pada level dasar. Salah satu komponen yang perlu diperbaiki yaitu penguatan kapasistas fasilitator melalui pelatihan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis MI Hidayatul Mubtadi’in Sidodadi Tempurejo melalui pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat menggunakan pendekatan PAR. Tahapan kegiatannya terdiri dari perencanaan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan berlangsung dengan lancar. Kegiatan ini memberikan pengetahuan tambahan bagi guru bidang studi mengenai konsep literasi numerasi serta bagaimana menyusun soal literasi numerasi. Guru-guru telah mencoba menyusun soal literasi numerasi sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan tema pertanian.
Kata Kunci: literasi numerasi, AKMI, pelatihan, pertanian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus dan Mulyati, Tita. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta : Bumi Aksara.
Adimihardja, Kusnaka dan Hikmat, Harry. 2003. Participatory Research Appraisal dalam Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat. Bandung: Humaniora.
Afandi, Agus. 2020. Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Astria, Fitri Puji, dkk. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Sains (KLS) Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Sains. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(4b):2744–52.
Ekowati, Dyah Worowirastri, dkk. 2019. Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE: Elementary School Education Journal), 3(1), 95-103.
Han, Weilin dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Handayani, Sri. 2022. Kesiapan Madrasah Dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Di MI Darul Maarif 1 Serut. Annual Conference on Madrasah Teacher, 3.
Jayanti, Mei Indra and Nurfathurrahmah. 2023. Gerakan Penguatan Literasi Sains melalui Praktikum IPA Sederhana di SMPN 11 Kota Bima. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1).
Suhra, Sarifah; Halijah, Sarifah; dan Nursabaha, Sarifah. 2022. Pembinaan Keagamaan Dalam Penguatan Karakter Berbasis Majelis Taklim.
Susanti, Lisa Dwi, dan Agus Pahrudin. 2022. Analisis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Journal Of Interdisciplinary Science And Education 1(2):17–24.
Syamsuar dan Reflianto. 2019. Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6(2).
Yusrianum dan Nurmawati. 2022. Analisis Penilaian Karakter Berbasis Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(4).
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i1.2913
Article Metrics
Abstract view : 66 timesPDF - 38 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.