MENUMBUHKAN KARAKTER KEBANGSAAN MELALUI PENDEKATAN HUMANIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Belakangan ini bangsa Indonesia sedang mengalami krisis moral yang disebabkan lemahnya pendidikan karaker yang diterima. Disisi lain, rapuhnya karakter suatu bangsa, dapat terjadi disebabkan oleh rapuhnya pendidikan karakter di bangku sekolah dikeluarga, dan di masyarakat. Salah satu penyebab karakter kebangsaan belum sepenuhnya mendarah daging dalam kedupan masyarakat terletak pada pola pendekatan yang mengukur segela tindakan berdasarkan kepentingan pribadi dan sekelompok orang sehingga tak jarang mengabaikan sisi kemanusiaan. Pola yang relevan dengan situasi masyarakat saat ini adalah pola pendekatan humanis manusia yang berbasis kearifan lokal dimana pendekatan yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan namun tetap pada pewarisan nilai-niali tradisi dan budaya setempat. Secara umum tujuan kegiatan PKM ini memberikan penyuluhan tentang Upaya menumbuhkan Karakter Kebangsaan melalui Pendekatan Humanis Berbasis Kearifan Lokal pada Anak Usia Dini. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan dengan metode pelatihan. Pelatihan ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara tim dosen pelatihan bersama mahasiswa peserta PPL & KKM di desa Melayang Sari melalui 3 tahapan diantaranya: tahap pelatihan tutor, tahap pelaksanaan serta tahap pelaporan dan evaluasi. Adapun hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah memberi pembekalan bagi anak usia dini tentang berbagai kompetensi tentang nilai dan moral dari kearifan lokal, diarahkan pada kepemilikan kepekaan kemampuan dalam mendayagunakan dan mengembangkan potensi diri dan peluang yang ada dilingkungan sekitar agar anak memiliki melakukan keterampilan-keterampilan baik, yang merupakan muara penerapan kompetensi-kompetensi yang telah dimiliki para peserta melalui proses pelatihan pendidikan karakter melalui pendekatan humanis berbasis kearifan lokal yang berupa 16 jenis nilai.
Kata Kunci: Karakter Kebangsaan, Pendekatan Humanis, Kearifan LokalFull Text:
PDFReferences
Implementasi Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa MelaluiPendidikan Karakter, PPS Universitas Terbuka, Jakarta, 2010
Kemendiknas RI, Disain Induk Pendidikan Karakter, Jakarta, 2010
Lickona, T., Schaps, E., & Lewis, C. (1995) prinsip-prinsip Sebelas pendidikan karakter yang efektif Washington, DC:.. Karakter Kemitraan Pendidikan.
Nugroho Triatmojo, Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter Bangsa, http://nugi45blog.com, diakses tanggal 06 Mei 2012
Udin Saripudin Winataputra, Jati diri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai wahana Pendidikan Demokrasi, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (Disertasi), Bandung,2000.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v1i1.312
Article Metrics
Abstract view : 298 timesPDF - 285 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.