UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MENULIS KARYA ILMIAH BERBANTUAN AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Abstract
ABSTRACT
Writing scientific papers is part of the student's assignment, because through this task students can develop a deeper understanding of a topic and hone their analytical skills. However, based on experience as a supervisor of the final thesis, the author found that most students of STKIP Persada Khatulistiwa face obstacles in writing scientific papers such as lack of skills and experience in organising ideas, formulating strong arguments, and structuring writing with proper grammar and writing style. This PKM activity aims to provide students with the concept of understanding the potential of AI: Artificial Intelligence, especially chatGPT in supporting scientific writing, and providing practical training on the use of AI: Artificial Intelligence that can be used to assist in writing scientific papers. The method used in this PkM is in the form of workshop activities through lectures, discussions, and practical simulations for 2 days. The targeted output of this activity is an increase in understanding and skills in utilising AI: Artificial Intelligence, especially chatGPT as a tool in scientific writing skills. From the results of this PKM activity, it was found that there was an increase in workshop participants' understanding by 25.8% in utilising chatGPT to assist in writing scientific papers, where the average score of the pre-test questionnaire results was 62.2% with a poor category, and the average score of the post-test questionnaire results was 88% with a very good category. While the score of the workshop participants' response results was in the very good category with a percentage of 86.9%.
Keywords: Skills, Scientific Paper, Student, AI: Artificial Intelligence
ABSTRAK
Penulisan karya ilmiah menjadi bagian dari tugas mahasiswa, karena melalui tugas tersebut mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu topik dan mengasah keterampilan analitisnya. Namun, berdasarkan pengalaman selama menjadi pembimbing tugas akhir skripsi, penulis menemukan sebagian besar mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa menghadapi kendala dalam menulis karya ilmiah seperti kurangnya keterampilan dan pengalaman dalam mengorganisir ide, merumuskan argumen yang kuat, serta merangkai tulisan dengan tata bahasa dan gaya penulisan yang tepat. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan konsep pemahaman kepada mahasiswa mengenai potensi AI: Artificial Intelligence khususnya chatGPT dalam mendukung penulisan karya ilmiah, serta memberikan pelatihan praktis mengenai pemanfaatan AI: Artificial Intelligence yang bisa digunakan untuk membantu dalam penulisan karya ilmiah. Metode yang digunakan dalam PkM ini berbentuk kegiatan workshop melalui ceramah, diskusi, dan simulasi praktikum selama 2 hari. Luaran yang menjadi target dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam memanfaatkan AI: Artificial Intelligence khususnya chatGPT sebagai alat (tools) dalam keterampilan menulis karya ilmiah. Dari hasil kegiatan PKM ini diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta workshop sebesar 25,8% dalam memanfaatkan chatGPT untuk membantu dalam penulisan karya ilmiah, dimana skor rata-rata hasil angket pre-test sebesar 62,2% dengan kategori kurang baik, dan skor rata-rata hasil angket post-test sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Sedangkan skor hasil respon peserta workshop berada pada kategori sangat baik dengan persentase 86,9%.
Kata Kunci: Keterampilan, Karya Ilmiah, Mahasiswa, AI
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliah, T. H. (2021). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Dengan Menggunakan Metode Kualitatif Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 7(2), 89–93. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v7i2.10677
Annova, F., Husna, I., Musalwa, M., & Aisyah, F. (2023). WEBINAR PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB. JURNAL PENGABDIAN MANDIRI, 2(1), 261–270. https://doi.org/10.53625/jpm.v2i1.4689
Danuri, P., Maisaroh, S., & Prosa, P. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. repository.upy.ac.id. http://repository.upy.ac.id/2283/
Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. … Jurnal Teknologi Pendidikan, Query date: 2023-08-29 22:19:50. https://journal.awatarapublisher.com/index.php/dewantech/article/view/8
Hasbullah, H. (2022). Kontribusi Mata Kuliah Bimbingan Penulisan Karya Ilmiah terhadap Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4391–4397. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2842
Imran, M. C., N, J., Sulviana, S., Indahyanti, R., Mursidin, M., & Nurjannah, S. (2022). PENGUATAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA MELALUI PELATIHAN SPSS DAN ZOTERO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 567–570. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4435
Maryatun, M. (2020). EFEKTIVITAS KEGIATAN LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 145–145. https://doi.org/10.14421/fhrs.2020.152.145-166
Masrichah, S. (2023). Ancaman Dan Peluang Artificial Intelligence (AI). : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, Query date: 2023-08-29 22:19:50. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/Khatulistiwa/article/view/1860
Nurjayanti, P. L. (2020). Kesalahan Berbahasa dalam Lembar Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Query date: 2024-01-25 10:05:52. https://doi.org/10.31227/osf.io/5msa2
Puspitasari, I., Kurniawan, A., Mariyam, S., & ... (n.d.). ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENULISAN ARTIKEL ILMIAH. PROSIDING, Query date: 2023-08-29 22:19:50. https://lppm.stkippacitan.ac.id/wp-content/uploads/2021/02/PROSIDING-SEMNAS-2020.pdf#page=17
Rizqi, F. M., Wangi, M. S., & Widiyowati, E. (2022). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH PADA MAHASISWA ANGGOTA FORDIS. Dharmakarya, 11(1), 16–16. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i1.38015
Sudjatmiko, S., Tsamroh, D. I., Abdurrabi, A., & C., M. I. A. E. (2022). Edukasi Mahasiswa untuk Meningkatkan Keterampilan dalam Penulisan Karya Ilmiah dengan Menggunakan Mendeley. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 464–464. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i3.1199
Supangat, S., Saringat, M., & ... (2021). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Respon Learning Style Mahasiswa. … Konferensi Nasional Ilmu …, Query date: 2023-08-29 22:19:50. https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/64
Vikaliana, R. & Irwansyah. (2020). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Kegiatan Menulis Skripsi Itu Mudah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 1(2), 47–51. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v1i2.165
Wahid, R., Hikamudin, E., & ... (2023). Analisis Penggunaan Chat-GPT Oleh Mahasiswa Terhadap Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi. … Pendidikan …, Query date: 2023-08-29 22:19:50. http://journal.ksatriacendekiaindonesia.id/index.php/jpi/article/view/29
DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i1.3278
Article Metrics
Abstract view : 174 timesPDF - 156 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.