PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA POP-UP BOOK PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK

Anita Sri Rejeki Hutagaol, Anggie Yolanda Ritonga

Abstract


ABSTRACT

This PkM program is implemented to increase the learning motivation of SMK students in Mathematics subjects. Most learners consider that mathematics is a difficult subject. There are several factors that cause mathematics to be considered difficult to learn, including 1) book factors; 2) teacher factors; and 3) parental factors, related to this it is necessary to hold a learning media. One of them is a pop-up book learning media, this is a book that has three-dimensional elements and can move when the page is opened. Learning motivation must be stimulated by internal and external factors from students. External factors include learning media that can attract students' attention. Students who are directly involved in learning and learning basic concepts will be stimulated to do so happily. Vocational students who are in class XI have difficulty learning the material of building space. SMK Negeri 1, Belimbing Hulu District, Melawi Regency, West Kalimantan, is the partner where this PKM program is implemented. The distance between the school and the service city is approximately 60 km. The lack of motivation to learn mathematics in vocational students made the service try to conduct training in making pop-up book learning media. The method of implementing the PKM program is in the form of lectures and training.

Keywords: Training, Pop-Up, Book


ABSTRAK

Program PkM ini dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK pada mata pelajaran Matematika. Sebagian besar peserta didik menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Ada beberapa faktor yang menyebabkan matematika itu di anggap sulit di pelajari diantaranya yaitu 1) faktor buku; 2) faktor guru; dan 3) faktor orang tua, berkaitan dengan hal tersebut diperlukan adakannya sebuah media pembelajaran. Salah satunya adalah media pembelajaran pop-up book, ini merupakan sebuah buku yang memiliki unsur tiga dimensi dan dapat bergerak ketika halaman dibuka. Motivasi belajar haruslah distimulus oleh faktor dalam dan luar dari peserta didik. Faktor luar diantaranya dengan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa. Siswa yang terlibat langsung dalam belajar dan mempelajari konsep dasar akan terstimulus untuk melakukannya dengan senang hati. Siswa SMK yang duduk pada kelas XI kesulitan mempelajari materi bangun ruang. SMK Negeri 1 Kecamatan Belimbing Hulu Kabupaten Melawi Kalimantan Barat merupakan mitra yang menjadi tempat pelaksanaan program PkM ini. Jarak antara Sekolah dengan kota pengabdi berjarak kurang lebih 60 km. Kurangnya motivasi belajar matematika pada siswa SMK tersebut membuat pengbdi berupaya melakukan pelatihan pembuatan media pembelajaran pop-up book. Metode pelaksanaan program PkM berupa ceramah dan pelatihan.

Kata Kunci: Pelatihan, Pop-Up, Book


Keywords


Training, Pop-Up, Book

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Gava Media.

Dzuanda. (2014). Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri, Seri ”Gatotkaca”. Jurnal Library ITS Undergraduate, Jurnal Library ITS Undergraduate, (Online),

(Http://Library.Its.Undergraduate.Ac.Id, Diakses Pada 5 Maret 2024.

Hanifah. (2014). Pemanfaatan Media Pop Up Book Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun”. Early Childhood Education Papers (Belia). Http://Journal.Unnes.Ac.Idsju/Index.Php/Belia., 3(2).

Permana, Eka, W Sulianto J, W. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Theaching Terhadap Kreatifitas dan Hasil Belajar Matematika Kelas III SD. 3(2), 148–153.

Prabandari. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 4 Genengadul. FKIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1.

Widodo, Sri, Adi., Sujadi, A, A. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri. Jurnal Sosiohumaniora, 1(1), 51–63.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i1.3416

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.