PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN MEMANFAATKAN FITUR GOOGLE SITES BAGI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 6 DEDAI KABUPATEN SINTANG

Yayan Adrianova Eka Tuah, Anyan Anyan, Fatkhan Amirul Huda

Abstract


ABSTRACTThis training aimed to enhance the abilities of teachers at State Elementary School 6 Dedai, Sintang Regency, in utilizing Google Sites as an online learning medium. Conducted by lecturers and students from the Computer Education Study Program at STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, the training methods included lectures, Q&A sessions, and hands-on practice. The results indicated that teachers developed skills in using Google Sites to create digital learning materials. Furthermore, the training enhanced teachers' creativity in designing engaging and interactive learning media, supporting active student participation. Despite challenges with network and devices, the training successfully provided significant new knowledge for teachers to implement technology in their teaching processes.

Keywords: Training, Elementary School Teachers, Google Sites, Online Learning, Digital Skills


ABSTRAK

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru Sekolah Dasar Negeri 6 Dedai Kabupaten Sintang dalam memanfaatkan Google Sites sebagai media pembelajaran online. Kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Metode pelatihan meliputi ceramah, tanya jawab, dan praktek langsung. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru mampu mengembangkan keterampilan dalam menggunakan Google Sites untuk menyusun materi pembelajaran digital. Selain itu, pelatihan ini meningkatkan kreativitas guru dalam merancang media pembelajaran yang menarik dan interaktif, serta mendukung partisipasi aktif siswa. Meskipun terdapat kendala jaringan dan perangkat, pelatihan ini berhasil memberikan pengetahuan baru yang signifikan bagi guru dalam mengimplementasikan teknologi dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Pelatihan, Google Sites, Guru SD, Pembelajaran Online, Keterampilan Digital


Full Text:

PDF

References


Adrianova, Y., Tuah, E., Rifai, M., Pangestu, R., Studi, P., & Komputer, P. (2022). Workshop Pembuatan Learning Manajemen System ( Lms ) Berbasis. 5, 136–146.

Anggristia, S., Edy, S., & Hariyadi, R. S. (2023). Upaya Peningkatan Kolaborasi Antar Peserta Didik Melalui Implementasi Manajemen Kelas Menggunakan Teknik Friendship Grouping. Didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 258–270. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6509

Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690

Astuti, I. A. D., Nursatyo, K. I., Hanafi, I., & ... (2023). Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran IPA: Study Literature Review. … Physics: Journal of …, 5(1), 34–43. https://www.journal.unindra.ac.id/index.php/jpeu/article/view/1859

Eka Tuah, Y. A., Sudira, P., Mutohhari, F., & Kusuma, W. M. (2021). The Competency of Pedagogic and Professional of Vocational Teachers in Implementing 21st Century Skill-Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(2), 244. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i2.35336

Fahradina, Nova, S. R. (2022). Perbandingan antara Pembelajaran Tatap Muka dengan Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Matematiika. Jurnal Dimas: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(1), 87–100.

Prijanto, J. H., & de Kock, F. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318/1894

Rokhmawati, Mahmawati, D., & Yuswandari, K. D. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik). Joedu: Journal of Basic Education, 02(01), 4. https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/joedu

Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Syafika, I. (2023). Menjadi Guru Yang Inovatif Di Era Digital: Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan. OsfPreprint. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/yj2px




DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i1.3578

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.