PELATIHAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA MELALUI RBL-STEM PADA GURU DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF

Arika Indah Kristiana, Zainur Rasyid Ridlo, Dafik Dafik, Fifi Thoyibah, Elly Yanuarsih, Murtini Murtini, Lela Nur Safrida

Abstract


ABSTRACTThe aim of this service is to provide training to teachers regarding students' environmental literacy which can be utilized in learning through RBL-STEM to improve teachers' creative skills.  The partner in this service is SMP Negeri 7 Jember. The method used is training related to material, students' environmental literacy, RBL-STEM, and the application of the school environment in learning. The outcome of this service is increasing teachers' creative thinking in the learning process.

Keywords: RBL- STEM, students' environmental literacy, creative thinking


ABSTRAK

Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan kepada guru tentang literasi lingkungan siswa yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran melalui RBL-STEM dalam meningkatkan ketrampilan kreatif guru.  Mitra dalam pengabdian ini adalah SMP Negeri 7 Jember. Metode yang dilakukan adalah pelatihan terkait materi, literasi lingkungan siswa, RBL-STEM, dan penerapan lingkungan sekolah dalam pembelajaran. Adapun outcome dalam pengabdian ini adalah peningkatan berpikir kreatif guru dalam proses pembelajaran. 

Keywords: RBL- STEM, students' environmental literacy, creative thinking


Keywords


RBL- STEM; literasi lingkungan siswa; berpikir kreatif

Full Text:

PDF

References


Arika I.K, Dafik, Zainur, R.R., Fifi Thoyibah (2023) Pendampingan Guru dalam Penyusunan Artikel Terkait Pembelajaran Berbasis Riset dengan Pendekatan STEM dalam Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kreatif Inovatif bagi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa. European Juornal of Education and Pedagogy, 1(09), 2062-2066

Dafik. (2016). Pengembangan PBR (Pembelajaran Berbasis Riset) dalam Mata Kuliah. Universitas Jember

Fifi T, Susanto, Arika I.K., Rafiantika, M.P. (2021). Kerangka Aktivitas Pembelajaran Berbasis Riset dengan Pendekatan STEM: Pemanfaatan Bahan Ecobrick dalam Mendesain Tempat Duduk Menggunakan Konsep Pola Bilangan untuk Meningkatkan Metaliterasi Siswa. RBL-STEM, Book Chapter, CGANT-UNEJ. 285-308

Suntusia, Dafik, Hobri. (2019). The Effectiveness of Research Based Learning in Improving Students’ Achievement in Solving Two-Dimensional Arithmetic Sequence Problems. International Journal of Instruction, 12(1),17-32




DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v7i2.3996

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.