PELATIHAN GURU-GURU KIMIA DALAM PEMBUATAN VIDEO AJAR UNTUK PEMBELAJARAN DARING

Cepi Kurniawan, Murbangun Nuswowati, Sri Kadarwati, Harjito Harjito, Arma Yoga

Abstract


ABSTRAK

Masa pandemic COVID-19 di Indonesia yang dimulai pada bulan Maret 2020 memaksa semua proses belajar mengajar dialihkan pada sistem pembelajaran daring (online). Terlepas dari belum terbangunnya kultur guru dalam mengelola pembelajaran daring, pemberlakuan proses belajar mengajar tanpa tatap muka ini telah memaksa guru lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran. Di samping aspek praktis, Guru-guru harus siap dan menyiapkan diri untuk mampu berperan sebagaimana tuntutan kurikulum. Kualitas pembelajaran daring mempunyai akar permasalahan yang tidak sederhana, mulai dari minimnya sumber belajar daring, kendali waktu belajar, akses internet, dan lainnya. Mengacu uraian pada analisis situasi dapat diidentifikasi permasalahan utama mitra yaitu guru sains utamanya pada kelompok Guru Kimia PPG Daljab 2020. Terdapat peningkatan keterampilan guru dalam menggambarkan struktur molekul kimia dan juga kemampuan menyiapkan video ajar menggunakan PowerPoint. Namun, devais yang dimiliki kurang support untuk rendering video jika PowerPoint memiliki banyak gambar dan atau video.

Kata Kunci: Pembelajaran daring; covid-19; Guru Kimia; video ajar; PowerPoint

 

ABSTRACT

The period of the COVID-19 pandemic in Indonesia which began in March 2020 forced all teaching and learning processes to be shifted to an online learning system. Apart from the absence of a teacher culture in managing online learning, the implementation of this face-to-face teaching and learning process has forced teachers to be more creative in making learning media. In addition to the practical aspects, teachers must be ready and prepared to be able to play a role as the curriculum demands. The quality of online learning has roots that are not simple, starting from the lack of online learning resources, control of study time, internet access, and so on. Referring to the description of the situation analysis, the main problems of partners can be identified, namely science teachers, especially in the in-service Chemistry Teachers group. There is an increase in the skills of teachers in describing chemical molecular structures and also the ability to prepare teaching videos using PowerPoint. However, the device does not have support for rendering video if PowerPoint has lots of images and / or videos.

Keywords: online-learning; COVID-19; Chemistry Teachers; Teaching Video; PowerPoint.


Keywords


Pembelajaran daring; covid-19; Guru Kimia; video ajar; PowerPoint.

Full Text:

PDF

References


Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 3(1), 37-46.

Anggraini, D. A. (2018). Pembelajaran Life Skill dengan Metode Belajar Bersama Alam (BBA) di SD Alam Harapan Kita Klaten. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Anwar. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education). Alfabeta.

Astuti D, S. I. (2003). Pengembangan Kecakapan Hidup (Life Skill) melalui Penanaman Etos Kerja dan Membangun Kreativitas Anak. Cakrawala Pendidikan, Th. XXII, No. 1.

Chaeruman, U. A. (2017). Pedati Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. RISTEKDIKTI.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Pola Pendidikan Kecakapan Hidup. SIC.

Depdiknas. (2002). Konsep Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup. Depdiknas.

Ditjen PLPS. (2004). Pedoman Penyelenggaraan Program Kecakapan Hidup (Life Skill) Pendidikan Non Formal. Ditjen PLPS.

Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183-208.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. CV. Alfabeta.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Suprihatin, Y., & Dewi, E. L. (2018). implementasi pendidikan lifeskill sejak dini dalam pembelajaran enterpreneurship (Studi pada SMP Cahaya Bangsa School Metro). Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 85–96.

Tim Kemenristekdikti. (2017). Buku Panduan Pengisian Survei Pembelajaran dalam Jaringan. RISTEKDIKTI.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i1.921

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.