KOMPOSISI, PERTUNJUKAN DAN PEWARISAN SYAIR LAGU DOLANAN ANAK-ANAK DI KABUPATEN JOMBANG (Kajian Struktur Naratif Albert B. Lord)

Rian Damariswara

Abstract


Syair lagu dolanan anak-anak di Kabupaten Jombang memiliki keunikan karena berbahasa khas Jombangan. Bahasa Jombangan merupakan hasil akulturasi bahasa Jawa Mataraman atau Jogja/Solo dengan bahasa Jawa Arek atau Surabaya. Bahasa Jombangan dalam syair lagu dolanan anak-anak di Kabupaten Jombang menjadi warna tersendiri dalam khazanah kebudayaan Jawa dan belum pernah diteliti sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komposisi, pertunjukan dan pewarisan syair lagu dolanan anak-anak di Kabupaten Jombang. Teori yang digunakan untuk mendeskripsikan fokus penelitian adalah teori struktur naratif Albert B. Lord. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yakni informan. Informan dalamĀ  penelitian yaitu orang tua dan budayawan Jombang. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari: (1) syair lagu dolanan, (2) komposisi lagu dolanan, (3) bentuk pertunjukkan atau pembawaan lagu dolanan, dan (4) cara pewarisan lagu dolanan di Kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, perekaman, wawancara dan pencatatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) dan analisis deskriptif (descriptive analysis). Hasil penelitian bahwa komposisi dalam syair dolanan adalah proses penciptaan syair lagu dolanan dengan cara mengingat formula syair lagu dolanan. Pertunjukan dalam syair lagu dolanan terbagi menjadi dua yakni dengan permainan dan tanpa permainan. Pewarisan syair lagu dolanan dapat dilakukan secara formal dan secara non formal

Kata Kunci: komposisi, pertunjukan dan pewarisan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v1i2.247

Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL KANSASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.