PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS V

Indri Hartuti, Dwi Cahyadi Wibowo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong Kecamatan Kayan Hulu tahun pelajaran 2016/2017. Fokus masalah penelitian yaitu; bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara menggunakan metode brainstorming pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong Kecamatan Kayan Hulu tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong. Jenis Penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan berbicara menggunakan metode brainstorming pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13 Entogong Kecamatan Kayan Hulu tahun pelajaran 2016/2017 meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 66,7% meningkat pada siklus II menjadi 93,3%. Dari hasil dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Metode Brainstorming

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v2i1.288

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indri Hartuti, Dwi Cahyadi Wibowo



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.