UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MELALUI GAMBAR DENGAN PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 16 SUNGAI RINGIN

Hayati Hayati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan  kemampuan siswa menulis karangan melalui gambar dengan penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas II  SDN 16 Sungai Ringin. Penelitian  ini merupakan “Penelitian Tindakan” yang dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan peneliti sebagai pelaku tindakan. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas, yang berfokus pada pembelajaran di kelas dan mengenai hal-hal yang terjadi di kelas. Kemampuan bahasa Indonesia siswa secara kelompok pada proses pembelajaran bahasa Indonesia meningkat dari 47,5% pada kondisi awal menjadi 65% pada tahapan I dan miningkat menjadi  100% pada tahapan II. Ini berarti dari kategori baik pada tahapan I  meningkat menjadi kategori sangat baik pada tahapan II. Terjadi peningkatan rata-rata kemampuan bahasa Indonesia jumlah siswa secara kelompok sebesar 33,3% dari tahapan I ke tahapan II. Ini berarti dari kategori baik pada tahapan I  meningkat menjadi kategori sangat baik pada tahapan II.

 

Kata kunci: keampuan  menulis karangan, metode demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Pendekatan kontektual (contextual teaching and learning). Jakarta: Dirjen

Pendidikan Dasar.

Goleman, D. 2002. Working with Emotional Intelligence. New York: Bantam Books. Lie,

Anita. 1995. Cooperative learning mempraktikkan cooperative learning di ruang-

ruang kelas. Jakarta : Grasindo.

Ramadhani. 2008. Bahasa Indonesiadan hard skills. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saillah. 2007. Perspektif baru dalam pendidikan. Bandung: FIP IKIP Bandung.

Wahyu Widhiarso. 2009. Evaluasi bahasa Indonesiadalam pembelajaran. Yogayakarta: FIP UNY

Widya Wati. 2010. Startegi pembelajaran bahasa Indonesiadan multiple intelegence. Konsenstrasi Pendidikan Fisika PPs. Universitas Negeri Padang: Padang.

Anna E, Wood Folk. 1995. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.

Eqsenek, (Slameto, 2003:170). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Husna Asmara U, 2007. Penelitian Karva Ilmiah. Pontianak : Fahruna Bahagia

Mohtar, S.Pd, (Karya Ilmiah. 2009). Model Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Program Keahlian Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Belimbing. Pontianak.

Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.

Sardiman. 1987. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v3i1.299

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hayati Hayati



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.