UPAYA PENINGKATAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 24 SPBF KELANSAM TEMPUNAK DALAM MEMPER MUDAH PEMAHAMAN NEGARA MELALAUI METODE PETA KONSEP

Sugimin Sugimin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan  hasil belajar siswa  kelas  VI  SDN 24  SPBF Kelansam  Tempunak dalam  mempermudah   pemahaman  Negara melalaui  metode  peta  konsep. Penelitian  ini merupakan “Penelitian Tindakan” yang dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan peneliti sebagai pelaku tindakan. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas, yang berfokus pada pembelajaran di kelas dan mengenai hal-hal yang terjadi di kelas. Berdasarkan penelitian diperoleh nilai rata-rata tes formatif sebesar 81,82 dan dari 25 siswa yang telah tuntas sebanyak 23 siswa dan 2 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 86,36% (termasuk kategori tuntas). Hasil pada siklus III ini mengalami peningkatan lebih baik dari siklus II. Adanya peningkatan hasil belajar pada siklus III ini dipengaruhi oleh adanya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran metode tanya jawab sehingga siswa menjadi lebih terbiasa dengan pembelajaran seperti ini sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi yang telah diberikan. Pada siklus III ini ketuntasan secara klasikal telah tercapai, sehingga penelitian ini hanya sampai pada siklus III.

 

 

Kata kunci: peningkatan hasil belajar, peta konsep


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Pendekatan kontektual (contextual teaching and learning). Jakarta: Dirjen

Pendidikan Dasar.

.

Saillah. 2007. Perspektif baru dalam pendidikan. Bandung: FIP IKIP Bandung.

Anna E, Wood Folk. 1995. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.

Eqsenek, (Slameto, 2003:170). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Husna Asmara U, 2007. Penelitian Karva Ilmiah. Pontianak : Fahruna Bahagia

Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.

Sardiman. 1987. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v3i1.300

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sugimin Sugimin



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.