UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN KELOMPOK KERJA GURU PADA SDN 05 PENINJAU DAN SDN 24 SPBF KELANSAM

Minto Minto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan  meningkatkan kualitas pelayanan administrasi sekolah melalui pendekatan kelompok kerja guru pada SDN 05 Peninjau dan SDN 24 SPBF Kelansam. Penelitian  ini merupakan “Penelitian Tindakan” yang dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (School  Action Research) dan peneliti sebagai pelaku tindakan. Keberhasilan dari penggunaan model Rapat Kelompok Kerja Guru dalam proses pembinaan sekolah dapat dilihat dari peningkatan kompetensiguru pada tiap siklusnya. Kemampuan sekolah dalam membina sekolah melalui Kelompok Kerja Guru secara individu dan kelompok meningkat dari 58,85% pada kondisi awal menjadi 73,6% pada siklus I dan miningkat menjadi  85,83% pada siklus II. Ini berarti dari kategori baik pada siklus I  meningkat menjadi kategori sangat baik pada siklus II.Terjadi peningkatan rata-rata kemampuan mengelola sekolah melalui Kelompok Kerja Guru secara kelompok sebesar 33,3% dari siklus I ke siklus II. Ini berarti dari kategori baik pada siklus I meningkat menjadi kategori sangat baik pada siklus II.

 

 

Kata kunci: pelayanan administrasi, kelompok kerja guru


Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subana, M & Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v2i2.305

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Minto Minto



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.