IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PERCONTOHAN TAKERHARJO

Luluk Iffatur Rocmah, Yunita Awwali Salehah, Zuhria Qurrotul Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana implementasi pembelajaran sains pada anak 5-6 tahun di TK Aisyiyah Percontohan Takerharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Jenis data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data yang digunakan adalah sumber data dari peristiwa, informan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang di gunakan (1) pengamatan secara seksama (2) trigulasi (3) member chek. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pembelajaran Sains di TK Aisyiyah Percontohan Takerharjo adalah anak mampu mengetahui sebab akibat saat pada melaksanakan pembelajaran sains melalui eksperimen yang diberikan oleh guru, dalam melaksanakan pembelajaran sains, guru di TK Aisyiyah Percontohan Takerharjo belum mengalami kesulitan dalam menyiapkan bahan-bahan yang dijadikan untuk eksperimen pembelajaran sains karena guru menyiapkan bahan-bahan dari lingkungan sekitar yang dapat dijangkau untuk kebutuhan eksperimen anak dalam mengimplementasikan pembelajaran sains. Adapun faktor pendukung saat mengimplementasikan kegiatan sains adalah adanya bahan-bahan dari lingkungan sekitar yang bisa digunakan dan wali murid yang mendukung dengan menyiapkan bahan-bahan yang di butuhkan anak saat kegiatan pembelajaran sains dilakukan. Namun ada pula factor penghambat saat pembelajaran sains yaitu kurang luasnya ruangan yang dijadikan tempat untuk pembelajaran sains, sehingga anak kurang berleluasa dalam melaksanakan pembelajaran sains di TK Aisyiyah Percontohan Takerharjo.

 

Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran IPA, Anak Usia Dini.


Keywords


Implementasi, Pembelajaran IPA, Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Roza, M. M. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang. PESONA PAUD/Jurnal Ilmiah PG-PAUD FIP , 1-11.

Kemendikbud. 2020. Pentingnya Pembelajaran Sains Untuk PAUD. Retrieved Juli Senin, 2022,from kemdikbud.go.id:https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pentingnya-pembelajaran-sains-untuk-paud/#:~:text=Sains%20pada%20anak-anak%20usia,mengaitkan%20antar%20konsep%20atau%20peristiwa

Sari, M. L. 2021. Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran , 88-99.

Wijaya, U. H. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray

Semiawan, C. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Setiawan, A. A. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Ramadhan, M. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v5i2.2134

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.