ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 3-7 TAHUN

Kiki Syabilla Aprillyanti, Syifa Zulfa Nabila, Edi Hendri Mulyana, Heri Yusuf Muslihin, Qonita Qonita, Wulan Nurlaela

Abstract


Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 3 sampai 7 tahun, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai perkembangan bahasa pada anak usia 3 sampai 7 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalu survey wawacara secara tidak langsung untuk meninjau mengenai perkembangan bahasa yang di alami oleh anak usia 3 sampai 7 tahun, sehingga dapat ditelaah secara konferensif dan mendetail melalui deskripsi hasil respon yang diterima. Populasi dalam penelitian ini adalah perwakilan suara dari orang tua peserta didik di TK Siti Fatimah dan sebagian saudara dari peneliti yang berjumlah kurang lebih terdapat 42 sample. Peneliti menganalisis tiap hasil tanggapan dari wawancara tersebut. Maka beberapa masalah terkait perkembangan bahasa dapat diketahui dari 42 tanggapan tersebut, keseluruhan tanggapan cenderung merasa bahwa perkembangan bahasa pada anak usia 3 sampai 7 tahun sudah cukup baik, serta dari seluruh tanggapan yang ada mengakui bahwa perkembangan bahasa pada anak usia 3 sampai 7 tahun sudah berkembang dengan optimal

 

Kata Kunci: Perkembangan, Bahasa, Anak Usia Dini

References


Papalia, D. E., Feldman Duskin, R., & Martorell, G. (2015). Perkembangan Manusia. 1–486.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas

Bermain. Journal.Uny.Ac.Id, 02.

Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. Modul

Pengantar Linguistik Umum, 1–19. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-

content/uploads/pdfmk/BING4214-M1.pdf

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan,

kebudayaan dan keagamaan. Nilacakra.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v6i1.2480

Article Metrics

Abstract view : 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.