ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VB SDN 17 SUNGAI ANA SINTANG

Dina Mariana, Yudita Susanti, Suryameng Suryameng

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang objektif mengenai kemampuan menulis karangan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VB Sekolah Dasar Negeri 17 Sungai Ana Sintang tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan Survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB Sekolah Dasar Negeri 17 Sungai Ana Sintang dengan jumlah 19 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung (angket), teknik observasi langsung dan teknik komunikasi langsung. Alat pengumpulan data berupa angket, observasi dan wawancara. Setelah dianalisis diketahui bahwa langkah-langkah menulis karangan deskripsi sudah sesuai dengan yang diharapkan hasil observasi 92%. Berdasarkan hasil angket, maka hasil yang diperoleh skor berjumlah 1574 dengan rata-rata 66 dan persentase skor angket sebesar 83%. Upaya yang dilakukan oleh Guru guna memaksimalkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VB Sekolah Dasar Negeri 17 Sungai Ana Sintang Tahun Pelajaran 2017/2018 melakukan penggulangan terhadap materi yang sudah dipelajari, memberikan motivasi siswa supaya lebih giat belajar memberikan semangat siswa semangat mengikuti proses belajar, selanjutnya upaya yang dilakukan oleh siswa melakukan latihan didalam penulisan karangan deskripsi supaya menjadi terbiasa dan selalu untuk memperhatikan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) didalam menulis karangan deskripsi. Faktor pendukung didalam menulis karangan deskripsi tersedianya sumber belajar di sekolah dan adanya motivasi didalam diri siswa untuk belajar. Faktor penghambat proses kemampuan menulis karangan deskripsi siswa tidak menguasai penggunan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) pada siswa dalam menulis karangan deskripsi, siswa sering mengabaikan penggunaan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Siswa tidak bisa menentukan/membedakan karangan deskripsi, narasi, argumentasi, eksposisi, dan persuasi.

Kata kunci: Deskripsi, Kemampuan, Karangan, Menulis

Full Text:

PDF

References


Gina Dewi Lestari Nur, (2014) Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis Universitas Pendidikan Indonesia repository.upi.edu perpustakaan.upi.edu

Hikmawati, Nur 2009 Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada Siswa Tahun Pelajaran http://eprints.ums.ac.id/9688/1/A310060054.PDF (diakses 14 Juni 2017)

Jannah, Latifatul 2016 Melatih Siswa Kelas III Menulis Karangan Sederhana 2009/2010http://eprints.walisongo.ac.id/6789/1/cover%2C%20abstrak%2Cdaftar%20isi%2Cdll%20%282%29.pdf (diakses 14 Juni 2017)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, Masri & Effendi, Sofian. 2006. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v4i2.2585

Article Metrics

Abstract view : 83 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.