ANALISIS KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SDN 14 PALA KOTA

Madelin Makurius, Eliana Yunitha Seran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kedisiplinan waktuk belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di kelas IV SDN 14 Pala Kota (2) mendeskripsikan kedisiplinan tempat belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di kelas IV SDN 14 Pala Kota (3) mendeskripsikan kedisiplinan norma belajar siswa pad masa pandemi covid-19 di kelas IV SDN 14 Pala Kota. Narasumber yang digunakan dalam penelitian adalah kepala sekolah SDN 14 Pala Kota, guru kelas IV SDN 14 Pala Kota dan siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif metode yang digunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis data model Milen and Huberman yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kedisiplinan waktu belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di kelas IV SDN 14 Pala Kota mengalami penurunan disiplin dalam belajar dan terlambat dalam mengumpulkan tugas. Kedua, kedisiplinan tempat belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di kelas IV SDN 14 Pala Kota memiliki perbedaan tempat antara belajar di sekolah dan di rumah karena perbedaan tempat belajar sangat mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa. Ketiga, kedisiplinan norma belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di kelas IV SDN 14 Pala Kota memiliki peraturan dan tata tertib yang berbeda antara di sekolah dan di rumah. Peraturan yang dibuat berdasarkan kesepakatan bersama dan mengharuskan siswa untuk menaatinya. Guru dan siswa mengkondisikan dirinya dengan situasi pandemi covid-19 yang membuat proses pembelajaran menjadi terhambat dan mengharuskan siswa memiliki kedisiplinan belajar agar tetap terkontrol dengan baik.

Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Akmaluddin, Haqqi. 2019. Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar. Journal of Education Science (JES).

Alma,B dkk. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.

Arsyad,A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Budiningsing,A.C. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto dan Darmiantun, S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi,Fatma.A.W. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 No. 1 Hal 57-60.

Fauzi, I. M. 2013. Analisis Hubungan Kedisiplinan Belajar di Rumah dan di Sekolah Dengan Prestasi Belajar IAP Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Dewi Satika UPPD Tegal Selatan Kota Tegal 2012/2013. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas Negeri Yogyakarta.

Khoirin, U. 2016. Analisis Disiplin Belajar Siswa Dalam pembelajaran IPS Kelas V SD Di Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Semarang: UNNES

Kurniawan, S. 2016. Pendidikan Karakter. Konseps& Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Timggi Dan Masyarakat. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Ma‟sumah, S. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan Ii Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Semarang: FIP Universitas Negeri Semarang.

Maolani, A. R. dan Cahyana. U. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Minarti,S. 2016. Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Perwanto, B. 2015. Penerapan Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 26/IV Telanaipura Kota Jambi. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Salam, M & Anggraini, I. 2018. Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di Sdn 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.3 No. I.

Sari, P.B. & Hadijah, S. H. 2017. “Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 2 No.2 Hal 234-235.

Shihab,N & Komunitas Guru Belajar. 2017. Diferensiasi: Memahami Pelajar Untuk Belajar Bermakna dan menyenangkan. Ciputat-Tengerang Selatan: Literati.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Belajar yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobri, M & Moerdiyanto. 2014. Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial Vol 1 No 1.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta,cv.

Sukardi.2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suyono & Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. 2016.Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tu’u, T. 2010. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo, Anggota Ikapi.

Wibosono, A. J. 2010. Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Sdn Ngajaran 03 Kec. Tuntang Ka B. Semarang Tahun 2010. Salatiga: STAIN Salatiga.

Willis, S. S. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v4i2.2586

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.