Analisis Kesulitan Mengelola Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Pada Guru-Guru SD Negeri 23 Sejelu

Rufina Rosnini, Gabriel Serani, Sudarto Sudarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui 1) bentuk pengelola pembelajaran, 2) kesulitan mengelola pembelajaran, 3)  upaya atau solusi untuk megatasi kesulitan mengelola pembelajaran selama pandemi covid-19 pada guru-guru SD Negeri 23 Sejelu Kecamatan Ketungau Hulu Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh darihasil observasi,wawancara, dan angket dilapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) bentuk pengelolaan yang dilakukan adalah perencanaan,pelaksanaan,serta evaluasi. bentuk pembelajaran yang dilakukan dengan metode daring yaitu via SMS dan whatsapp group, dan dengan metode luring dengan bentuk pembelajaran kelas shift model, les privat serta tugas terstruktur. 2) kesulitan mengelola pembelajaran yang di alami oleh guru yaitu guru kurang memahami cara merancang perangkat pembelajaran, guru kurang memahami cara menggunakan aplikasi pada proses pembelajaran daring,akses internet yang terbatas, dan kesulitan memanajemen waktu. 3) upaya atau solusi yang dilakukan adalah guru mengikuti pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran, bekerjasama dengan kepala sekolah dan orang tua murid untuk meminimalisir kesulitan mengelola pembelajaran.

Kata kunci: Mengelola Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Erliyanti. M. 2016. Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar. PedagogikJurnal Penelitian Pendidikan, Volume 03 Nomor 02:Halaman207-213.

KEMENDIKBUT. 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kusuma, J. W. & Hamidah. 2019. Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidkan Matematika, Volume 5. Nomor 1 Halaman 97-106.

Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Nurul. F.A. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Jurnal Bidang Kesejahteraan Sosial Info Singkat, Volume 12. Nomor 7 Halaman 13-18.

Sa’adah. F. 2012. Pengelolaan Pembelajaran Di Sd Negeri Bungah Gresik. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Volume 1. Nomor 5 Halaman1–10.

Sulha. 2020. Penerapan Montessori Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Luring Sebagai Alternatif Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, Volume 3. Nomor 1 Halaman 22-30

Yurianto. A (pembicara) dan Wahyono. T (presenter). 2020. Kasus Corona di Indonesia. (rekaman video). Kompas TV Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v4i2.2587

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.