ANALISIS PENGEMBANGAN KOGNITIF MELALUI KEGIATAN MENGUKUR BENDA DENGAN SEDERHANA DI TK NEGERI 1 SINTANG

Suryameng Suryameng

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengembangan kognitif melalui kegiatan mengukur benda dengan sederhana di tk negeri 1 sintang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa TK Negeri 1 Sintang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat yang diguanakan dalam pengumpulan data di lapangan adalan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian yaitu hasil observasi, dan wawancara diperoleh suatu gambaran bahwa pengembangan kognitif melalui kegiatan mengkur benda dengan sederhana di TK Negeri 1 Sintang sangat diperlukan. Guru memberikan stimulasi kegiatan untuk pengembangan kognitif sudah sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak. Pada tahap pelaksanaan terdapat 80% anak-anak TK sudah bisa menggunakan alat ukur dengan benar; faktor penghambat dalam pengembangan kognitif melalui kegiatan mengukur benda dengan sederhanaadalah anak-anak belum mampu membedakan antara ukur non standar dan alat ukur standar; dan Kemampuan guru tersebut sebagai salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan yang sering muncul tentang kemampuan untuk mengunakan alat ukur dan membedakan alat ukur non standar dan alat ukur standar.


Kata kunci: Pengembangan Kognitif, Kegiatan Mengukur


Full Text:

PDF

References


Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Permendiknas Nomor 58 Tahun (2009) tentang Standar Pendidikan Anak UsiaDini

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1. (Alih bahasa: Rahmawati, S. Psi dan Anna Kuswanti). Jakarta: Erlangga.

Seefeldr, Carol dan Barbara A Wasik. (2008). Pendidikan Anak UsiaDini. Jakarta: PT. Indeks

Slamet, Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tim PG PAUD, (2010). Analisa Kegiatan Pengembangan Pendidikan Anak UsiaDini,Jakarta : Universitas Terbuka.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yuliani Nurani Sujiono, dkk. (2011). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.276

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF - 4377 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.